Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Presiden Mali Selamat dari Percobaan Pembunuhan

Selasa 20 Jul 2021 18:53 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Yudha Manggala P Putra

Presiden Interim Mali Assimi Goita.

Presiden Interim Mali Assimi Goita.

Foto: EPA/HADAMA DIAKITE
Salah satu pelaku berusaha membunuh Goita menggunakan pisau.

REPUBLIKA.CO.ID, BAMAKO – Presiden Interim Mali Assimi Goita diserang dua pria bersenjata, satu di antaranya turut menggunakan pisau, di Masjid Agung di ibu kota Bamako, Selasa (20/7). Namun dia berhasil selamat dan diamankan ke kamp militer.

Serangan tersebut terjadi saat Goita menghadiri salat Idul Adha. Menteri Agama Mali Mamadou Kone mengungkapkan, salah satu pelaku berusaha membunuh Goita menggunakan pisau, tapi ditangkap.

Direktur Masjid Agung Latus Toure mengatakan hal serupa. Dia menyebut salah satu pelaku menerjang Goita, tapi serangannya meleset dan melukai orang lain. Setelah kejadian tersebut, Goita dibawa ke kamp militer Kati di luar Bamako. Keamanan dan penjagaan terhadapnya telah diperketat.

Goita memimpin gerakan kudeta pada Agustus tahun lalu dan menggulingkan presiden terpilih Ibrahim Boubacar Keita. Hal itu terjadi setelah pemerintahan Keita didemo selama berpekan-pekan akibat dugaan korupsi dan konflik yang sudah berlangsung lama di negara tersebut.

Pada Mei, Goita menggulingkan pemerintahan transisi yang ditelah dimandatkan membawa Mali kembali ke pemerintahan sipil pada Februari 2022. Dia kemudian diangkat sebagai presiden transisi. Namun Goita berjanji untuk membawa negaranya ke pemerintahan sipil.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA