Selasa 20 Jul 2021 14:37 WIB

Ide Masak Daging Kurban tanpa Santan

Banyak menu masakan berbahan dasar daging dengan cara olahan sederhana.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Banyak menu masakan berbahan dasar daging dengan cara olahan sederhana.
Foto: Pixabay
Banyak menu masakan berbahan dasar daging dengan cara olahan sederhana.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika bosan menghidangkan daging dengan santan, Anda bisa mecoba memasak dan mengolahnya tanpa santan. Chef Lucky Andreono mengatakan, banyak menu dengan bahan utama daging yang bisa dimasak secara simpel dan mudah, atau bumbu sederhana.

“Banyak yang simpel dan mudah, atau tanpa banyak bumbu, ada banyak,” kata chef Lucky kepada republika.co.id, dikutip Selasa (20/7).

Baca Juga

Dia mengatakan, masakan rabeg khas Banten bisa menjadi salah satu rekomendasi masak daging simpel. Rabeg merupakan sop daging (ada jeroan kambing) yang dimasak pakai bumbu, seperti tomat, garam, merica, gula merah, kayu manis, pala, kecap manis. Mirip soto, tanpa pakai kunyit.

Masakan daging lainnya yang mudah, misalnya sate maranggi, teriyaki, dan yakiniku. Chef Lucky mengatakan tak sulit mengolah daging. 

“Tip, daging itu biasanya jangan dicuci mentahnya, kecuali dicuci pakai air kemasan,” ujar dia.

Lebih enak lagi dibuat olahan bulgogi, dengan memarinasi satu jam. Bumbunya mudah, seperti buah pir, nanas sedikit, kecap asin, kecap manis, gula merah, minyak wijen, bawang putih dan merah, bawang bombai.

Pun cara masaknya bisa bermacam-macam, misanya dengan dipanggang, menggunakan pan fry, dibuat sop, diolah smookie.

Untuk mengurangi alot, chef Lucky menyarankan untuk memasaknya tidak terlalu matang, atau dengan tingkat kematangan medium.

“Itu sehat kok,” kata dia.

Jika ingin memasaknya matang sempurna, maka potongan daging harus dibuat tipis-tipis. Pun cara memotongnya juga harus melawan serat daging agar mudah saat dikunyah. Pengolahan daging juga bisa dengan cara dipresto, meskipun membutuhkan waktu lebih lama. Salah satu cara sederhananya lagi, yaitu menggunakan nanas dan pepaya yang di blender.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement