Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

5 Trik Mengempukkan Daging Kambing

Selasa 20 Jul 2021 12:53 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Indira Rezkisari

Petugas memotong daging kurban kambing.

Petugas memotong daging kurban kambing.

Foto: Republika/Thoudy Badai
Agar tidak alot daging kambing perlu diempukkan lebih dulu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tekstur yang alot merupakan masalah yang kerap ditemukan ketika memasak daging kambing. Daging kambing cukup mudah menjadi alot karena kandungan lemaknya yang rendah.

Agar tak menjadi alot, daging kambing seringkali perlu dilembutkan terlebih dahulu sebelum dimasak. Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk melembutkan atau mengempukkan daging kambing dan tetap mempertahankan rasa alaminya.

Laman Step by Step mengungkapkan setidaknya ada lima cara mengempukkan daging kambing. Berikut ini adalah kelima cara tersebut.

Pepaya
Cara alami untuk mengempukkan daging kambing adalah dengan menggunakan pepaya. Langkah pertama, kupas kulit pepaya terlebih dahulu. Selanjutnya, potong pepaya sampai menjadi ukuran yang kecil. Kemudian, blender pepaya sampai halus.

Untuk setiap 8 sendok makan pepaya halus, tambahkan 1 sendok makan garam. Campur pepaya halus dan garam hingga merata lalu oleskan campuran ini ke potongan daging sapi yang ingin diempukkan. Enzim dari buah pepaya akan membantu memecah jaringan ikat pada daging kambing sehingga teksturnya akan menjadi lebih empuk.

Palu Pengempuk Daging
Cara yang tak kalah populer untuk mengempukkan daging adalah dengan menggunakan palu pengempuk daging atau tenderizing mallet. Memukul-mukul daging dengan alat ini dapat membantu memecah serat otot pada daging, sehingga tekstur daging kambing akan menjadi lebih lembut.

Api Kecil
Agar daging kambing menjadi lebih empuk, penggunaan api saat memasak juga ikut menentukan. Meski membutuhkan waktu lebih lama, memasak daging kambing dengan api kecil akan membantu mengempukkan tekstur daging kambing.

Resep Berkuah
Daging kambing sangat cocok digunakan dalam metode memasak yang menggunakan air, dibandingkan dengan metode memasak yang kering. Beberapa contohnya adalah metode memasak braise dan stew.

Marinasi
Memarinasi atau merendam daging kambing ke dalam cairan berbumbu juga akan membuat daging terasa lebih empuk. Tak hanya itu, proses marinasi akan membuat daging kambing memiliki rasa yang lebih kaya. Gunakan resep marinasi yang sesuai dengan selera.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA