Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

3 Langkah Mudah Hilangkan Bau Daging Kambing

Selasa 20 Jul 2021 10:29 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Salah satu tantangan dalam mengolah daging kambing adalah menghilangkan aromanya.

Salah satu tantangan dalam mengolah daging kambing adalah menghilangkan aromanya.

Foto: fleisher
Salah satu tantangan dalam mengolah daging kambing adalah menghilangkan aromanya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Daging kambing merupakan salah satu jenis daging yang banyak dibagikan di hari raya Idul Adha. Meski memiliki cita rasa yang lezat, mengolah daging kambing terbilang cukup tricky.

Salah satu tantangan dalam mengolah daging kambing adalah menghilangkan aromanya. Kesalahan dalam proses pengolahan dapat membuat sajian daging kambing berbau dan kurang menggugah selera.

Ada beragam cara untuk meredam atau menghilangkan bau khas pada daging kambing. Berikut ini adalah salah satu di antaranya, seperti dilansir eHow, Selasa (20/7).

Langkah 1: Buang Lemak
Daging kambing pada dasarnya tidak mengandung banyak lemak. Namun seperti daging hewan lain, daging kambing tetap memiliki lapisan lemak yang melindungi otot-ototnya.

Aroma khas daging kambing sebagan besar terkonsentrasi pada lemaknya. Gunakan pisau yang tajam untuk membuang lemak-lemak yang menempel pada daging kambing sebanyak mungkin sebelum mulai memasak.

Langkah 2: Rendam
Setelah daging kambing bersih dari lemak, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk meredam bau khas daging kambing adalah dengan merendamnya ke dalam cairan, setidaknya dalam waktu yang singkat. Ada banyak opsi cairan yang bisa digunakan untuk merendam daging kambing ini.

Salah satu di antaranya adalah air dingin yang sudah dicampurkan dengan garam, seperti garam kasar atau garam kosher. Garam yang larut dalam air dingin ini dapat membantu menarik dan meredam aroma khas daging kambing sehingga baunya menjadi lebih samar.

Selain kombinasi air dingin dan garam, rendaman lain yang bisa digunakan adalah susu atau buttermilk. Opsi ini membutuhkan waktu yang lebih lama, yaitu beberapa jam, untuk mendapatkan hasil yang sama seperti kombinasi air dingin dan garam.

Meski membutuhkan waktu yang lebih lama, penggunaan buttermilk juga memiliki manfaat lain yaitu melembutkan daging kambing. Dengan begitu, hasil akhir dari sajian daging kambing tidak alot.

Langkah 3: Memasak
Daging kambing yang sudah diolah agar tak berbau bisa dimasak dengan berbagai cara. Misalnya, dengan cara memanggangnya atau menumisnya. Kedua metode ini tak hanya sederhana tetapi juga efektif untuk memasak daging kambing.

Bila semua upaya sudah dilakukan dan aroma daging kambing masih menempel, ada trik yang bisa dilakukan saat memasak. Trik tersebut adalah menggunakan beragam rempah atau saus untuk menyamarkan aroma kambing. Hal ini pula yang membuat tradisi kuliner di Timur Tengah India, hingga Meksiko kaya akan sajian-sajian daging kambing nan kaya rempah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA