Selasa 20 Jul 2021 10:28 WIB

Para Wanita Pembuat Mainan di Gaza Berjuang saat Idul Adha

Kelompok Wanita Pembuat Mainan di Gaza Berjuang saat Idul Adha

Rep: Idealisa masyrafina/ Red: Muhammad Hafil
 Para Wanita Pembuat Mainan di Gaza Berjuang saat Idul Adha. Foto:  Wanita Arab Israel berkumpul untuk memprotes menjelang pemungutan suara oleh parlemen Israel tentang pembaruan undang-undang yang melarang warga Arab Israel untuk memperpanjang kewarganegaraan atau bahkan tempat tinggal kepada pasangan dari Tepi Barat dan Gaza yang diduduki, di luar gedung parlemen di Yerusalem, Senin, Juli 5, 2021.
Foto: AP/Tsafrir Abayov
Para Wanita Pembuat Mainan di Gaza Berjuang saat Idul Adha. Foto: Wanita Arab Israel berkumpul untuk memprotes menjelang pemungutan suara oleh parlemen Israel tentang pembaruan undang-undang yang melarang warga Arab Israel untuk memperpanjang kewarganegaraan atau bahkan tempat tinggal kepada pasangan dari Tepi Barat dan Gaza yang diduduki, di luar gedung parlemen di Yerusalem, Senin, Juli 5, 2021.

REPUBLIKA.CO.ID,GAZA -- Muslim di seluruh dunia sedang merayakan Idul Adha atau Hari Raya Qurban, yang dirayakan pada akhir ibadah haji ke Mekah dan dimulai tahun ini di banyak tempat pada 20 Juli.

Hari raya ini dianggap sebagai kesempatan berharga bagi beberapa bisnis untuk berkembang, termasuk peternakan, perdagangan pakaian dan kerajinan tangan. Namun tahun ini, telah menghadirkan lebih banyak tantangan bagi usaha kecil di Gaza pada khususnya.

Baca Juga

Selama empat minggu terakhir, sekelompok 30 wanita dari desa Gaza utara Om Alnasser telah bekerja keras untuk membuat hadiah Idul Adha dan mainan boneka domba buatan tangan untuk dijual selama hari raya dan mencari nafkah di tengah kehancuran kemanusiaan dan ekonomi yang menghancurkan daerah kantong tersebut.

Didukung oleh Zeina Cooperative Association for Handicrafts, yang merupakan satu-satunya lembaga bagi perempuan yang beroperasi di desa Om Alnasser yang terpinggirkan, para pembuat mainan perempuan telah berhasil mengatasi hambatan sosial dari komunitas konservatif yang memberikan banyak batasan pada kebebasan perempuan.

"Ketika kami pertama kali mulai bekerja dengan para wanita itu, pada tahun 2015, kami menghadapi kesulitan besar dalam membujuk keluarga dan kerabat mereka untuk mengizinkan gadis-gadis itu bekerja dengan kami," ujar Majeda Ermelat, asisten administrasi di koperasi Zeina, dilansir di Jerusalem Post, Selasa (20/7).

Namun seiring waktu, dan dengan kesulitan ekonomi yang parah melanda desa, situasinya telah berubah. Ermelat mengatakan, mengingat keuntungan finansial dari pekerjaan, keluarga remaja perempuan menjadi lebih terbuka dan fleksibel, sehingga semakin banyak remaja perempuan yang bergabung dengan kami hampir setiap tahun. 

"Bahkan, para perempuan itu sendiri telah sepenuhnya berubah dan menjadi lebih percaya diri dan mandiri sehingga mereka  bisa ikut pelatihan di luar desa sendiri," klaim Ermelat.

Amal Abughazal, yang merupakan kepala dari tujuh anggota keluarga, adalah salah satu pembuat mainan wanita yang telah mengalami perkembangan signifikan setelah bekerja di bisnis ini.

"Dalam kasus saya, bekerja di bisnis pembuatan mainan adalah pengubah hidup, tidak hanya secara ekonomi, tetapi juga secara pribadi," kata Abughazal.

Suami Abughazal tidak bisa bekerja karena sakit jiwa dan putrinya mengalami gangguan penglihatan.  Dengan biaya pengobatan yang tinggi dan beban kebutuhan sehari-hari, ia harus melakukan sesuatu untuk keluarganya.

"Tapi sekarang, setelah produktif, saya dapat memenuhi sebagian kebutuhan keluarga saya, berpartisipasi dalam pengambilan keputusan penting, dan mengekspresikan diri dengan lebih baik," ujar Abughazal.

Kebutuhan finansial memaksa masyarakat, terutama yang konservatif, untuk mengubah pola pikir mereka tentang peran perempuan dalam keluarga, menurut psikolog yang berbasis di Gaza, Raeda Weshah.

Ketika perempuan bekerja dan berpartisipasi secara finansial dalam mendukung keluarga, mereka memiliki semacam kekuatan untuk menekan persepsi tradisional masyarakat mereka, yang selama ini telah menggelincirkan dan membatasi potensi mereka.  

"Itu sebabnya kami melihat bahwa wanita yang bekerja di komunitas tersebut lebih bahagia, memiliki kepribadian yang lebih kuat, dan peran yang lebih luas dalam pengambilan keputusan dibandingkan sebelum terjun ke bidang bisnis," kata Weshah.

Membuat boneka dan mainan domba memberi para wanita ruang untuk bernafas, tetapi beberapa pembuat mainan wanita memiliki ambisi yang lebih besar.

Mona Alnahal, seorang wanita pembuat mainan di departemen pertukangan koperasi Zeina, memiliki gelar sarjana dalam studi Islam tetapi harus bekerja di bidang ini karena kondisi keuangan keluarganya yang buruk.

"Kondisi keuangan keluarga saya menghalangi impian saya untuk mengambil spesialisasi di jurusan lain seperti akuntansi atau administrasi bisnis. Saya ingin menjadi sesuatu yang lebih besar, di tempat lain," kata Alnahal.

Alnahal berharap suatu hari dia akan mencapai mimpinya karena tidak ada yang bisa menghentikan seorang wanita jika dia bertekad.

Terlepas dari upaya besar mereka, usaha kecil perempuan menghadapi beberapa tantangan serius selama proses produksi, tetapi akhirnya bertahan.

"Harga bahan baku yang tinggi akibat penutupan perlintasan yang terus menerus, dan penutupan anti-pandemi (dalam negeri) adalah hambatan terbesar bagi pekerjaan kami. Tapi akhirnya kami berhasil dan membantu gadis-gadis itu dan keluarga mereka," ujar manajer eksekutif koperasi, Haneen Alsammak.

Menurut Ermelat, kelompok perempuan ini berhasil berpartisipasi dalam pameran lokal dan menjual produk kerajinan tangan mereka dalam jumlah yang signifikan untuk Idul Adha.

"Awal bulan ini, kami berpartisipasi dalam pameran Maraya di mana kami menjual sebagian besar boneka dan mainan domba kayu dengan berbagai ukuran, dengan harga rata-rata hampir 15 shekel, hampir 4,50 dolar AS, untuk setiap mainan; anak-anak dan pengunjung acara memiliki  sudah bisa membeli produk lebaran dan menikmati semangat festival," ujarnya. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement