Selasa 20 Jul 2021 06:10 WIB

Jepang Hadirkan Akses Internet Berkecepatan 319Tbps

Kecepatan ini dapat hadir lewat optimalisasi dari jalur fiber optic yang digunakan.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Jaringan internet (ilustrasi).
Foto: Www.freepik.com
Jaringan internet (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO--Tahun lalu, National institute of Information and Communications Technology (NICT) Jepang berhasil menghadirkan internet speed untuk dapat transfer dengan kecepatan 179Tbps (terabits per second). Kini, kecepatan itu berhasil ditingkatkan hingga hampir dua kali lipat.

Dikutip dari Engadget pada Senin (19/7), NICT telan mampu menyajikan kecepatan data transfer hingga 319Tbps. Kecepatan ini dapat hadir lewat optimalisasi dari jalur fiber optic yang digunakan.

Baca Juga

Jika biasanya fiber optic terdiri dari satu inti, maka NICT meningkatkan kecepatan transfer lewat penggunaan fiber optic dengan empat core. Kemudian, fiber optic itu digunakan untuk menembakan 552-channel comb laser dengan berbagai panjang gelombang.

Dalam pengujian, fiber optic itu mampu melakukan pengiriman data dengan jarak sekitar 3 ribu kilometer tanpa adanya penurunan kualitas atau penurunan kecepatan sinyal.

Fiber optic four-core ini dapat dengan mudah diterapkan pada sistem jaringan yang telah ada saat ini. Hanya saja, harga dari fiber optic ini masih terbilang sangat mahal.

Artinya, penerapan dalam waktu dekat hanya akan cocok untuk digunakan dalam major networking projects yang lebih mementingkan kapasitas dibanding biaya akses internet.

Nantinya, sistem jaringan ini diyakini mampu jadi penunjang penerapan jaringan 6G. Dengan bantuan kapasitas akses sebesar ini, maka masyarakat dapat menikmati akses internet high speed meski terjadi lonjakan pengguna dalam momen yang sama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement