Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Wapres Minta Idul Adha Jadi Momentum Berbagi

Selasa 20 Jul 2021 05:57 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Dwi Murdaningsih

 Wakil Presiden Maruf Amin

Wakil Presiden Maruf Amin

Foto: Dok KIP/Setwapres
Idul Adha menjadi penguat semangat untuk menolong mereka yang membutuhkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengajak umat Islam menjadikan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah tahun ini momentum saling berbagi dengan sesama. Wapres mengatakan, di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir, momentum Hari Raya Qurban menjadi penguat semangat untuk menolong mereka yang membutuhkan.

"Pelajaran lain yang juga penting adalah semangat berkorban dan berbagi, karena Idul Adha adalah identik dengan semangat berkorban dan berbagi," ujar Wapres dalam tausyiahnya di Takbir Akbar Nasional secara virtual, Senin (19/7).

Baca Juga

Wapres mengatakan, di Hari Raya Idul Adha umat Islam yang memiliki kemampuan dianjurkan untuk menyembelih qurban untuk kemudian dagingnya dibagikan kepada mereka yang membutuhkan. Wapres menjelaskan, perintah ini merupakan simbol agar manusia saling berbagi satu sama lain.

Wapres melanjutkan, berbagi tidak hanya dalam bentuk menyembelih hewan qurban, tetapi sesuai kemampuan.

"Apa saja yang kita mampu untuk bisa diberikan sesuatu kepada sesama, apalagi saat Covid-19 seperti ini banyak orang memerlukan, berbagi dengan mereka merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan," kata Ma'ruf.

Ma'ruf juga menegaskan pemberian juga tidak dilihat dari besar kecilnya, tetapi sesuai kemampuan si pemberi.

"Maka momentum Idul Adha ini menjadikan untuk berbagi dan merupakan langkah solidaritas untuk bisa hidup bersama, saling tolong saling memberi di dalam suasana saling membutuhkan," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA