Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Cara Sederhana Hilangkan Bau Daging Kambing

Selasa 20 Jul 2021 04:52 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Dwi Murdaningsih

Satai kambing

Satai kambing

Foto: Rakhmawaty La'lang/Republika
Orang-orang biasanya harus berurusan dengan bau saat mengolah daging kambing.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Saat Idul Adha, Anda biasanya mendapat daging, baik sapi, kerbau, kambing, atau domba. Khusus untuk kambing, orang-orang biasanya harus berurusan dengan bau prengus daging.

Chef Lucky Andreono membagikan tip sederhana menghilangkan bau prengus daging kambing. “Ada beberapa cara mudah,” kata dia kepada Republika.co.id, beberapa waktu lalu.

Untuk menghilangkan bau prengus, maka buang lemak daging sebelum mengolahnya. Bagian yang dekat dengan kulit adalah yang bau. Selain itu, Anda juga bisa mengolesi garam, atau mengoles parutan nanas.
 
Tak hanya menghilangkan bau, parutan nanas yang dicampur pepaya juga bisa membuat daging empuk. Bisa juga menggunakan perasan jeruk nipis.

Chef Lucky mengatakan merebus daging kambing dengan lobak juga bisa menghilangkan aroma tidak sedap. Selain itu, menurut dia mencampurkan 50 gram cuka dengan 1 kg daging, dan direbus selama 30 menit hingga mendidih juga efektif menghilangkan bau.

Memarinasi satu hingga dua jam daging kambing dengan rempah-remah, yang memiliki aroma tajam juga ampuh menghilangkan bau, misalnya jahe, sereh, bunga lawang segar.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA