Selasa 20 Jul 2021 01:26 WIB

BNI Buka Peluang Kredit Investasi di Kawasan Ekonomi Baru

Kawasan ekonomi baru mendatangkan peluang bagi perbankan dan industri properti.

Rep: Novita Intan/ Red: Gita Amanda
BNI buka peluang kredit investasi di Kawasan Ekonomi Baru.
Foto: ,
BNI buka peluang kredit investasi di Kawasan Ekonomi Baru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Pemerintah menetapkan kawasan ekonomi baru untuk menjadi sumber pertumbuhan ekonomi di Tanah Air. Tercatat ada sembilan kawasan industri nasional, 10 kawasan industri baru, dan 19 smelter yang tengah dikembangkan saat ini.

Adapun kawasan industri prioritas nasional terdiri dari Sei Mangkei, Sadai, Bintan Aerospace, Galang Batang, Ketapang, Bombana, Buluminung, Teluk Weda, dan Teluk Bintuni. Sedangkan di kawasan industri baru terdiri dari Kuala Tanjung, Kemingking, Tanjung Enim, Pesawaran, Way Pisang, Madura, Jorong, Batulicin, Tanah Kucing, dan Palu.

Kawasan ekonomi baru mendatangkan peluang juga bagi perbankan dan industri properti. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menyebut kawasan ekonomi akan menciptakan pertumbuhan industri baru, baik pertumbuhan investasi asing maupun domestik, dan penciptaan lapangan kerja di daerah tersebut.

“Selain itu, pertumbuhan konsumsi masyarakat di daerah tersebut juga akan semakin meningkat seiring dengan peningkatan pertumbuhan daya beli dan kesejahteraan masyarakat. Pada akhirnya, akan mendorong laju pertumbuhan ekonomi di daerahnya,” ujar Direktur Utama BNI Royke Tumilaar kepada wartawan seperti dikutip Senin (19/7).

Dari sisi industri properti, Direktur Utama PT Banten West Java (BWJ) Poernomo Siswoprasetijo menambahkan keberadaan Jalan Tol Serang- Panimbang Seksi I dapat membuka kesempatan ekonomi dan pembangunan di kawasan Banten dan mampu menjadi pusat ekonomi baru serta menumbuhkan kawasan pariwisata, termasuk Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung.

“Tol Serang- Panimbang Seksi I akan mempercepat waktu perjalanan wisatawan menuju Tanjung Lesung. Apalagi jika selesai sampai seksi 3, waktu tempuh perjalanan dari Jakarta ke Tanjung Lesung hanya sekitar dua jam,” ucapnya.

Menurutnya kawasan Tanjung Lesung bisa memberi keamanan, kenyamanan dan pengalaman menarik bagi wisatawan yang datang. Tanjung Lesung juga memiliki akomodasi yang beragam, sehingga bisa menyesuaikan kebutuhan seperti Tanjung Lesung Beach Hotel & Resort memiliki 85 vila dan cottage modern.

“Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi I bisa mendongkrak perekonomian dan mensejahterakan mereka,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement