Senin 19 Jul 2021 14:09 WIB

Inilah 7 Manfaat Kurban Online Mudah di Dompet Dhuafa

Praktik kurban online sebenarnya adalah berlandaskan hukum wakalaf.

 Teknologi memudahkan kurban online di masa pandemi dan distribusinya hingga ke pelosok Indonesia (ilustrasi).
Foto: istimewa
Teknologi memudahkan kurban online di masa pandemi dan distribusinya hingga ke pelosok Indonesia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Banyak hal dalam kehidupan manusia, yang dilakukan melalui online. Dengan gawai dan teknologi di tangan, berbagai kebutuhan mulai dari belanja, belajar, mencari informasi, hingga berkomunikasi pun dapat dilakukan secara online. Namun bagaimana dengan ibadah kurban? Apakah ada manfaat kurban online yang bisa didapatkan oleh umat Islam saat ini? Lau bagaimana dengan hukumnya?

Hukum Kurban Online

Pada dasarnya, hukum kurban online pun juga satu hal yang diperbolehkan dalam Islam menurut pendapat banyak ulama. Selain itu, tidak ditemukan pelarangan pelaksanaan kurban online dari ayat atau hadits manapun.

Praktik kurban online sebenarnya adalah berlandaskan hukum wakalaf, dimana seseorang menitipkan suatu perkara atau kepentingan kepada orang lain sebagai wakil sesuai dengan akad dan perjanjian. Hukum kurban online, pada dasarnya adalah menitipkan pembelian hewan kurban, penyembelihan, hingga pendistribusiannya lewat wakil yaitu lembaga sosial atau panitia kurban tertentu lewat online. 

Asalkan penyelenggara amanah, profesional, serta dapat menunaikan kurban dengan sebaik-baiknya maka hal tersebut tidak menjadi masalah. Yang terpenting jangan sampai ada penipuan atau hal yang ditutup-tutupi dari pelaksanaan kurban tersebut yang tidak diketahui oleh sohibul qurban. 

Persoalan mengenai hukum kurban online pun ada dalam Fatwa MUI No. 36 Tahun 2020.  Ibadah kurban dapat dilakukan dengan cara taukil, yaitu pekurban menyerahkan sejumlah dana seharga hewan kurban kepada pihak penyelenggara, baik individu maupun lembaga sebagai wakil untuk membeli hewan kurban, merawat, meniatkan, menyembelih dan membagikan daging kurban. 

Manfaat Kurban Online Melalui Dompet Dhuafa

Salah satu lembaga yang melaksanakan penitipan kurban lewat online adalah Dompet Dhuafa. Sejak tahun 1993, Dompet Dhuafa sudah melaksanakan program Tebar Hewan Kurban yang dilaksanakan di berbagai wilayah pelosok Indonesia, khususnya wilayah yang sangat membutuhkan. 

Tentunya ada banyak sekali manfaat kurban online melalui Dompet Dhuafa yang dapat umat Islam rasakan. Berikut ini diantaranya.

1. Ibadah Kurban Menjadi Praktis, Cepat, dan Mudah 

Untuk berkurban online melalui Dompet Dhuafa, anda hanya tinggal mengunjungi Portal Kurban Dompet Dhuafa lalu memilih jenis hewan kurban yang diinginkan. Pembayaran pun bisa dilakukan melalui transfer bank atau beragam mekanisme online payment lainnya.

Anda tidak perlu datang ke kantor, menghubungi panitia, mencari hewan kurban sendiri, dan membawanya ke tempat penyembelihan. Semua menjadi lebih praktis, cepat, dan mudah dengan melaksanakannya bersama dengan Dompet Dhuafa.

2. Meminimalisir Penyebaran Covid-19 di Tengah Pandemi

Dengan transaksi via online, maka anda tidak perlu keluar rumah dan bertemu banyak orang. Tentunya ini akan meminimalisir penyebaran Covid-19 di tengah pandemi yang masih belum terkendali ini. Anda juga bisa tetap aman dan nyaman di rumah tanpa harus khawatir akan penyebaran virus Covid-19 dan segala varian terbarunya saat ini.

3. Pengelolaan Hewan Kurban Ditangani Lebih Profesional

Dompet Dhuafa menerapkan sistem Quality Control untuk memastikan hewan-hewan yang dipilih untuk nanti dikurbankan adalah hewan terbaik, dengan bobot yang sesuai dengan standart, dan juga memperhatikan aspek-aspek syariah lainnya. 

Pelaksanaan quality control minimal dilakukan sebanyak dua kali, mulai dari sebulan sebelum Idul Adha hingga beberapa hari menjelang penyembelihan. Dapat dipastikan bahwa hewan kurban yang disiapkan oleh Dompet Dhuafa adalah hewan kurban terbaik yang sehat, tanpa cacat, dan juga jantan. 

4. Memberdayakan Peternak-Peternak Lokal di Pelosok Negeri

Dengan berkurban via Dompet Dhuafa secara online, anda juga bisa ikut memberdayakan para peternak di pelosok negeri. Tentunya ini menjadi manfaat ekonomi bagi mereka, apalagi di daerah tertentu yang tingkat ekonominya minim. Akhirnya, bukan saja para peternak di daerah tertentu yang bisa merasakan manfaat dari kurban, tapi juga di banyak daerah pelosok Indonesia lainnya. 

5. Pendistribusian Daging Kurban Lebih Merata dan Tepat Sasaran 

Daging kurban akan lebih merata dan tepat sasaran karena Dompet Dhuafa melakukan riset juga pemetaan terlebih dahulu, mana daerah-daerah yang membutuhkan. Hal ini akan mengurangi masalah penumpukan daging kurban di perkotaan yang terkadang juga tidak tepat sasaran. Dompet Dhuafa memprioritaskan pembagian daging kurban kepada wilayah miskin, banyak terdapat masyarakat dhuafa, hingga daerah konflik di luar negeri. 

Walaupun sebagai pekurban kita tidak bisa melihat langsung pemotongan hewan dan merasakan daging kurban dari hewan kita, namun itu tidak mengurangi esensi juga kebermaknaan dari ibadah kurban. Apalagi, daging kurban kita dinikmati oleh mereka yang membutuhkan dan jarang sekali menikmati daging.

6. Ikut Menjadi Bagian dari Syiar Islam

Pelaksanaan kurban Dompet Dhuafa juga menyasar wilayah-wilayah Indonesia yang umat Islamnya minoritas atau jarang mendapatkan syiar Islam. Tentunya ini bukan saja sekedar melaksanakan ibadah kurban, namun kegiatan ini bisa menjadi syiar dan dakwah Islam semakin meluas atau semakin kuat.

7. Pekurban Mendapatkan Laporan & Dokumentasi Kurban

Walau tidak menyaksikan langsung pemotongan hewan kurban dan pendistribusiannya, sebagai pekurban anda akan mendapatkan laporan, dokumentasi, serta live notifikasi melalui smartphone mengenai pelaksanaannya. Anda akan mendapat notifikasi, kapan dan dimana hewan kurban akan disembelih. Setelah kurban selesai, anda juga akan mendapatkan laporan dan dokumentasi berupa foto hewan kurban. 

Itulah beberapa manfaat kurban online bersama dengan Dompet Dhuafa. Tentunya sangat memudahkan, praktis, serta banyak sekali dampak positif yang didapatkan oleh Umat Islam. Sudah siap untuk berkurban di tahun ini? 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement