Senin 19 Jul 2021 02:24 WIB

Lonjakan Covid-19, Morowali Utara Sangat Kekurangan Oksigen

Morowali Utara kini menunggu pasokan oksigen dari Sulawesi Selatan.

Stok oksigen sulit didapatkan. Ilustrasi
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Stok oksigen sulit didapatkan. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MOROWALI UTARA -- Lonjakan kasus warga yang terpapar COVID-19 di Kabupaten Morowali Utara (Morut) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) terjadi setiap hari sejak beberapa pekan terkahir. Hal ini menyebabkan daerah itu sangat kekurangan persediaan oksigen cair (liquid oxygen).

Padahal oksigen cair tersebut sangat dibutuhkan oleh pasien yang alami gangguan bernafas. Mereka yang menjalani isolasi mandiri maupun di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kolonodale yang menjadi rumah sakit rujukan pasien COVID-19 di Morowali Utara kekurangan oksigen.

Baca Juga

"Hari ini kami harus menggambarkan bahwa Morut sudah sangat kekurangan (tabung) oksigen. Hari ini saja kami sudah tidak mendapat suplay oksigen dari distributor," kata Bupati Morowali Utara dr.Delis Julkarson Hehi, Ahad (18/7).

Walaupun Pemerintah Kabupaten Morut, lanjutnya, mempunyai uang namun stok gabung oksigen tidak ada."Karena semua daerah membutuhkan pasokan oksigen dari distributor. Tidak ada jalan lain selain patuhi protokol kesehatan agar tidak terpapar COVID-19 yang menyebabkan kesulitan bernafas sehingga harus membutuhkan bantuan oksigen," ujarnya.

Sementara itu Direktur Utama RSUD Kolonodale dr. Sherly Pede persediaan oksigen di RSUD Kolonel saat ini telah habis. Pihaknya kini masih menunggu pasokan oksigen dari Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Namun cuma untuk kebutuhan satu hari. Dengan melonjaknya pasien COVID-19 di Morut, setiap hari kami butuh 50 sampai 60 tabung oksigen setiap hari. Sekarang tidak ada stok," ujarnya.

 

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement