Ahad 18 Jul 2021 22:21 WIB

RNI Realisasikan Pemenuhan Alat Kesehatan

RNI fokus memenuhi kebutuhan medis, alat kesehatan, hingga pangan di Tanah Air.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Fuji Pratiwi
Logo PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI). RNI Group terus merealisasikan kebutuhan alat kesehatan.
Foto: Facebook PT RNI
Logo PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI). RNI Group terus merealisasikan kebutuhan alat kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI merealisasikan pemenuhan kebutuhan alat kesehatan dan obat-obatan bagi para tenaga medis serta pasien Covid-19. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung upaya pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19 yang saat ini masih melanda Indonesia.

Direktur Utama RNI Arief Prasetyo Adi mengatakan pada tahun ini, RNI Group melalui Rajawali Nusindo memasok pemenuhan kebutuhan tabung oksigen dan oxygen generator. "Tercatat sebanyak 1540 unit ke RS Wisma Atlet atau meningkat 115 persen dari tahun 2020 berkisar 715 unit," kata Arief dalam pernyataan tertulisnya, Ahad (18/7).

Baca Juga

Hal tersebut, lanjut Arief, sesuai arahan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir untuk mendorong perusahaan BUMN membantu suplai tabung oksigen di tengah lonjakan kasus Covid-19. Arief memastikan, RNI Group melalui Rajawali Nusindo telah menyuplai oxygen generator dan tabung oksigen untuk RS Darurat Covid sejak Maret 2020 hingga Juli 2021.

Selain RS Darurat Covid Wisma Atlet, Rajawali Nusindo berkontribusi juga menyuplai kebutuhan medis lainnya. Hal tersebut seperti produk elektromedis, produk nonmedis, bahan medis habis pakai (BMHP), dan peralatan laboratorium di beberapa rumah sakit darurat Covid-19 lainnya. Seperti, Wisma Atlet Pademangan, Rusun Nagrak Cilincing, Rusun Pasar Rumput, dan RS Darurat Mamuju Makassar.

Arief memastikan, RNI juga akan mendukung pemenuhan kebutuhan vaksinasi di Indonesia untuk mengatasi pandemi Covid-19. Dia menegaskan, RNI Group siap mendukung pemerintah untuk pengadaan jarum suntik atau Alat Suntik Sekali Pakai (ASSP).

Berdasarkan data, RNI Group telah memenuhi ASSP untuk kebutuhan vaksinasi Covid-19 maupun medis sebanyak 41 juta unit ASSP melalui Kementerian Kesehatan. "RNI terus berkontribusi fokus penanganan pandemi Covid-19, mulai dari kebutuhan medis, alat kesehatan hingga kebutuhan pangan di Tanah Air," ungkap Arief.

Direktur PT Rajawali Nusindo Iskak Putra menyampaikan, saat ini Rajawali Nusindo tengah memperluas pemenuhan kebutuhan alat kesehatan. Khususnya pemenuhan kebutuhan di RS Darurat Covid-19 Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

"Pemenuhan kebutuhan kami lakukan dengan terus berkoordinasi bersama Kementerian Kesehatan serta Dinas Kesehatan setempat sesuai Cara Distribusi Alat Kesehatan yang Baik (CDAKB)," ujar Iskak.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement