Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

Hari Libur, Koopsau III Masih Layani Vaksinasi Warga Biak

Ahad 18 Jul 2021 17:41 WIB

Red: Erik Purnama Putra

Pelayanan vaksinasi di Gedung Hercules, Markas Koopsau III, Biak Numfor, Papua, Ahad (18/7).

Pelayanan vaksinasi di Gedung Hercules, Markas Koopsau III, Biak Numfor, Papua, Ahad (18/7).

Foto: Pen Koopsau III
Petugas TNI AU ajak masyarakat Biak Numfor berusia 12 tahun ke atas ikut vaksinasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BIAK -- Meskipun hari libur, satuan tugas Covid-19 Komando Operasi Angkatan Udara (Koopsau) III masih tetap melayani masyarakat umum Biak Numfor, yang ingin mendapatkan vaksinasi secara gratis. Layanan vaksinasi tersedia di Gedung Hercules, Jalan Condronegoro Samofa, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, Ahad (18/7).

Pelayanan vaksinasi gratis dilaksanakan oleh tenaga kesehatan (nakes) yang ada di Markas Koopsau III. Nakes yang tersedia terdiri satu tenaga vaksinator dan lima tenaga medis yang siap lembur menunggu masyarakat yang datang untuk vaksin.

Menurut salah satu tenaga medis Poli Klinik Koopsau III, Letda Kes dr Faqih meskipun hari libur, petugas tetap memberi kesempatan kepada masyarakat Biak yang berusia 12 tahun ke atas untuk ikut. "Sampai siang ini, ada 33 orang yang tercatat sudah tervaksin," ujar Faqih dalam siaran pers.

Melalui serbuan vaksinasi Koopsau III, pihaknya berupaya memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar sesegera mungkin untuk mengikuti program vaksin. "Karena melalui vaksinasi ini, kita secara bertahap bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sekaligus meningkatkan health immunity kita dalam menghadapi jika terkena virus Covid-19," ujar Faqih.

Hal senada juga diungkapkan oleh salah satu warga yang baru saja selesai divaksin, Vency. Dia menyampaikan rasa terima kasih kepada TNI AU yang telah menerima warga umum untuk divaksin.

"Saya mengimbau masyarakat agar segera memanfaatkan momentum ini untuk melakukan vaksinasi. Mari kita putus mata rantai penyebaran Covid-19, ayoo kitorang vaksin, sa jaga ko, ko jaga sa," ujar Vency dengan suara lantang.

Sementara itu, serbuan vaksinasi TNI AU yang belangsung di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada pekan lalu, mendapatkan antusiasme tinggi dari warga. Terbukti selama dua hari digelar, lebih 2.000 orang menerima vaksinasi tahap pertamanya.

Danlanud Halim Perdanakusuma, Marsma Bambang Gunarto menuturkan, kegiatan serbuan vaksinasi dilaksanakan sesuai dengan arahan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Tujuannya agar seluruh jajaran TNI menggelar kegiatan vaksinasi dalam rangka mendukung program pemerintah untuk percepatan vaksinasi.

"Hingga berakhirnya kegiatan, total .2200 orang yang telah divaksin, yang terdiri dari komunitas bandara, calon penumpang pesawat, masyarakat umum, serta para pelajar termasuk siswa dan siswi Sekolah Angkasa Lanud Halim dari usia 12 tahun keatas," jelas Bambang.

Tak lupa, Bambang mengucapkan terima kasih atas antusiasme masyarakat, serta seluruh pihak yang ikut menyukseskan serbuan vaksinasi. Sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar.

"Semoga dengan upaya yang telah dilakukan, kekebalan komunal atau herd immunity akan semakin cepat tercapai, sehingga dapat memutus rantai penyebaran Covid-19," ucap Bambang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA