Ahad 18 Jul 2021 09:43 WIB

Kasus Sakit Lever Meningkat di AS Selama Pandemi

Penderita sakit lever terkait alkohol naik 30 persen selama pandemi sejak Maret 2020.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Penderita sakit lever terkait alkohol naik 30 persen selama pandemi sejak Maret 2020.
Foto: www.freepik.com.
Penderita sakit lever terkait alkohol naik 30 persen selama pandemi sejak Maret 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hanya beberapa bulan setelah pandemi, ibu tiga anak, Kelly White (52 tahun) menderita mual, dan tak mampu mengatasi ketergantungan alkohol. Warga Chicago itu diberhentikan dari pekerjaannya ketika negaranya menerapkan karantina wilayah. Dia berada di rumah, tanpa melakukan apa-apa.

Setelah berjuang dengan ketergantungan alkohol beberapa tahun lalu, White menikmati lagi minuman keras. White, bahkan meningkatkan asupan alkoholnya tiga kali lipat, mulai pagi hari hingga malam. Dia menganggap kondisi itu sangat normal baginya.

Baca Juga

“Ketika saya sedang minum vodka, saya menonton berita. Saya merasa alkohol sangat dapat diterima setiap saat, sepanjang hari. Itu tidak masalah,” kata White dilansir NBC News, Ahad (18/7).

Suatu hari, White merasa sangat sakit sehingga memutuskan ke rumah sakit. Dokter menemukan White mengalami peradangan hati karena alkohol, yang disebut hepatitis alkoholik, serta sirosis, yang merupakan jaringan parut permanen pada hatinya.

White bukan satu-satunya. Para ahli mengatakan jumlah orang Amerika yang dirawat karena penyakit hati parah akibat alkohol meningkat selama pandemi.

“Selama pandemi Covid-19 benar-benar meningkat penerimaan rumah sakit untuk penyakit hati terkait alkohol,” ujar asisten profesor kedokteran klinis dan spesialis transplantasi hati di Keck School of Medicine di University of Southern California (USC), dr Brian Lee.

Lee mengatakan karantina wilayah dan stres diduga menjadi pemicu orang minum dalam jumlah berbahaya. Kemudian, mereka datang ke rumah sakit dengan penyakit hati yang mengancam jiwa.

Lee mengatakan bahwa USC melihat peningkatan 30 persen dalam penerimaan rumah sakit untuk penyakit hati terkait alkohol sejak Maret 2020. Kondisinya termasuk orang-orang yang sebelumnya memiliki masalah alkohol di bawah kendali, serta mereka yang tidak memiliki riwayat masalah dengan alkohol.

Pasien rerata adalah seorang wanita muda, di bawah usia 35 tahun tanpa riwayat masalah alkohol sebelumnya. Wanita terkena dampak pandemi secara tidak proporsional, dan menyebabkan mereka minum lebih banyak, terutama yang memiliki beban tambahan mengasuh anak.

"Mereka mungkin minum satu atau dua gelas anggur sebelum pandemi. Sekarang, mereka minum mungkin setengah botol atau sebotol penuh anggur, dan kemudian datang ke rumah sakit dengan penyakit hati stadium akhir, dan mereka bahkan tidak tahu,” kata Lee.

Para ahli mengatakan butuh waktu sekitar dua tahun untuk mengumpulkan data nasional tentang peningkatan rawat inap untuk penyakit hati terkait alkohol, tetapi data yang muncul mendukung pengamatan Lee di USC. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Alcohol and Alcoholism menemukan bahwa, rujukan rumah sakit ke pusat perawatan hati di Rumah Sakit Johns Hopkins di Baltimore untuk kerusakan hati terkait alkohol naik hampir 50 persen selama bulan-bulan terakhir pada 2020, dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Para peneliti dari Universitas Johns Hopkins melihat catatan hampir 500 pasien yang dirujuk ke pusat perawatan yang mengkhususkan diri dalam pengobatan gangguan hati. Mereka menemukan bahwa pada 2020, sebanyak 46 persen pasien yang dirujuk ke pusat perawatan hati disebabkan penyakit hati terkait alkohol, dibandingkan dengan 31 persen tahun sebelumnya.

Rekan penulis studi dan asisten profesor Kedokteran di Johns Hopkins, dr. Victor Chen mengatakan penyakit hati yang berhubungan dengan alkohol membawa implikasi serius, termasuk pendarahan di usus atau kanker hati.

Direktur pusat hepatologi dan hati di Rumah Sakit Umum Massachusetts, dr. Raymond Chung melihat peningkatan sekitar 40 persen pada pasien yang dirawat karena hepatitis alkoholik selama pandemi, dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Seperti Lee, Chung juga melihat peningkatan tajam dalam penerimaan rumah sakit pada mereka yang berusia di bawah 40 tahun. Angka itu dua kali lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya.

“Ini adalah isolasi, depresi, kehilangan pekerjaan, keputusasaan, dan keputusasaan yang telah dipicu oleh Covid-19,” ujar Chung.

Chen, dari Johns Hopkins, mengatakan dia tidak terkejut dengan meningkatnya tingkat masalah hati terkait alkohol, menyebutnya sebagai "perkembangan alami" dari survei sebelumnya yang menunjukkan tidak hanya orang Amerika yang membeli lebih banyak alkohol, mereka juga mengonsumsinya di jumlah yang lebih besar. Satu survei dari American Psychological Association menemukan bahwa 1 dari 4 orang Amerika melaporkan minum lebih banyak karena stres akibat pandemi. Studi lain , juga dilakukan selama pandemi, menemukan peningkatan 41 persen dalam jumlah hari dimana wanita minum banyak, yang didefinisikan sebagai empat atau lebih minuman dalam beberapa jam.

Chen mengatakan tingkat kematian untuk hepatitis alkoholik yang parah bisa mencapai 40 persen, karena hanya ada sedikit pilihan pengobatan yang tersedia. Bagi mereka yang gagal terapi awal, risiko kematian bisa meningkat hingga 70 persen. Kerusakan hati akibat alkohol dapat muncul relatif cepat pada orang yang mengonsumsi alkohol dalam jumlah tinggi.

Jika konsumsi alkohol cukup berat, Chung mengatakan hanya butuh beberapa bulan untuk menyebabkan kerusakan permanen pada hati. Meskipun tidak ada batasan berapa jumlah minuman untuk menghindari penyakit hati, pedoman yang ada menyebut peminum berat adalah merek yang minum lebih dari 14 minuman per minggu untuk pria, dan lebih dari tujuh minuman per minggu untuk wanita.

Tanda-tanda peringatan kerusakan hati bisa termasuk sakit perut, kulit menguning, dan mual atau muntah. Bagi banyak orang Amerika, pandemi tidak lagi menjadi perhatian utama, tapi jumlah pasien dengan penyakit hati terkait alkohol masih meningkat, tren baru yang mengkhawatirkan.

"Kami telah melihat penurunan dramatis dalam Covid-19, tetapi kami masih melihat lonjakan penyakit hati terkait alkohol yang terus berlanjut. Apa artinya itu untuk masa depan?" kata Lee.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement