Friday, 5 Rajab 1444 / 27 January 2023

AS Kerja Sama dengan 3 Negara Jelang Keluar Afghanistan

Ahad 18 Jul 2021 07:11 WIB

Red: Nur Aini

Amerika Serikat (AS) dan tiga negara Asia Tengah dan Selatan pada Jumat (16/7) mengumumkan pembentukan platform regional untuk meningkatkan

Amerika Serikat (AS) dan tiga negara Asia Tengah dan Selatan pada Jumat (16/7) mengumumkan pembentukan platform regional untuk meningkatkan "konektivitas regional" menjelang penarikan pasukan AS dari Afghanistan.

Kerja sama eempat negara bertujuan memastikan perdamaian usai AS keluar Afghanistan

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Amerika Serikat (AS) dan tiga negara Asia Tengah dan Selatan pada Jumat (16/7) mengumumkan pembentukan platform regional untuk meningkatkan "konektivitas regional" menjelang penarikan pasukan AS dari Afghanistan.

Platform baru, yang meliputi Afghanistan, Pakistan dan Uzbekistan, bertujuan untuk memastikan perdamaian regional menjelang keluarnya pasukan AS dari Afghanistan, yang dijadwalkan pada akhir Agustus, dan meningkatkan perdagangan di kawasan itu.

Baca Juga

"Negara-negara itu menganggap perdamaian dan stabilitas jangka panjang di Afghanistan penting untuk konektivitas regional dan mereka setuju perdamaian dan konektivitas regional saling memperkuat," kata Departemen Luar Negeri AS dalam sebuah pernyataan.

“Menyadari peluang bersejarah untuk membuka jalur perdagangan antardaerah yang berkembang pesat, para pihak bermaksud untuk bekerja sama untuk memperluas perdagangan, membangun hubungan transit, dan memperkuat hubungan.

Perwakilan dari empat negara akan bertemu dalam beberapa bulan mendatang untuk menentukan modalitas kerja sama ini dengan konsensus bersama, tambah pernyataan itu. Proses penarikan semua pasukan AS dari Afghanistan sudah mencapai sekitar 95 persen, ungkap Pentagon awal pekan ini.

Kekhawatiran terus meningkat tentang panjang umur pemerintah Afghanistan karena Taliban terus meraih kemajuan di medan perang melawan pasukan pemerintah di seluruh Afghanistan.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/as-pakistan-afghanistan-dan-uzbekistan-bentuk-kelompok-kerja-sama/2307233
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA