Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Erick Thohir akan Rumuskan Roadmap Industri Kreatif

Sabtu 17 Jul 2021 20:41 WIB

Rep: Novita Intan / Red: Nashih Nashrullah

Menteri BUMN, Erick Thohir, menyatakan Indonesia memiliki potensi besar kembangkan industri kreatif dunia

Menteri BUMN, Erick Thohir, menyatakan Indonesia memiliki potensi besar kembangkan industri kreatif dunia

Foto: Tangkapan Layar
Indonesia memiliki potensi besar kembangkan industri kreatif dunia

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri BUMN Erick Thohir berencana membentuk roadmap industri kreatif. Hal ini mengingat Indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan industri kreatif dunia.

“Bikin roadmap nanti duitkan dicarikan. Apakah dari konten, travelling, food? Nanti dilihat, kita memupuk di suatu titik lalu menjadi komunitas besar,” ujarnya saat diskusi ’Jatim Obah Bareng’ bersama Mas Wishnutama dan Kang Fiki Satari serta jejaring komunitas kreatif Indonesia Creative Cities Network (ICCN) secara virtual, Sabtu (17/7).

Baca Juga

Menurutnya Indonesia memiliki empat potensi untuk mengembangkan industri kreatif antara lain market, populasi generasi muda, nilai kreativitas, dan budaya culture yang kuat.

“Indonesia harus menjadi negara pop culture. Jika serius membangun roadmap yang ada, maka akan ada kolaborasi, bukan hanya dari sisi pendanaan, bukan hanya ekosistem yang mendukung budaya pop culture,” ucapnya.

Erick menyebut jika Indonesia mampu mengembangkan industri kreatif maka bisa sejajar dengan negara Amerika, Jepang, dan Korea.

“Sehingga Indonesia memiliki turunannya bisa jadi tren Korea, apa-apa bisa tren, lagu, kosmetik, susu, dan musik. Kemudian Jepang disusul, Amerika, lalu Inggris  melalui budaya,” ucapnya.  

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA