Sabtu 17 Jul 2021 20:41 WIB

Erick Thohir akan Rumuskan Roadmap Industri Kreatif

Indonesia memiliki potensi besar kembangkan industri kreatif dunia

Rep: Novita Intan / Red: Nashih Nashrullah
Menteri BUMN, Erick Thohir, menyatakan Indonesia memiliki potensi besar kembangkan industri kreatif dunia
Foto: Tangkapan Layar
Menteri BUMN, Erick Thohir, menyatakan Indonesia memiliki potensi besar kembangkan industri kreatif dunia

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri BUMN Erick Thohir berencana membentuk roadmap industri kreatif. Hal ini mengingat Indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan industri kreatif dunia.

“Bikin roadmap nanti duitkan dicarikan. Apakah dari konten, travelling, food? Nanti dilihat, kita memupuk di suatu titik lalu menjadi komunitas besar,” ujarnya saat diskusi ’Jatim Obah Bareng’ bersama Mas Wishnutama dan Kang Fiki Satari serta jejaring komunitas kreatif Indonesia Creative Cities Network (ICCN) secara virtual, Sabtu (17/7).

Baca Juga

Menurutnya Indonesia memiliki empat potensi untuk mengembangkan industri kreatif antara lain market, populasi generasi muda, nilai kreativitas, dan budaya culture yang kuat.

“Indonesia harus menjadi negara pop culture. Jika serius membangun roadmap yang ada, maka akan ada kolaborasi, bukan hanya dari sisi pendanaan, bukan hanya ekosistem yang mendukung budaya pop culture,” ucapnya.

Erick menyebut jika Indonesia mampu mengembangkan industri kreatif maka bisa sejajar dengan negara Amerika, Jepang, dan Korea.

“Sehingga Indonesia memiliki turunannya bisa jadi tren Korea, apa-apa bisa tren, lagu, kosmetik, susu, dan musik. Kemudian Jepang disusul, Amerika, lalu Inggris  melalui budaya,” ucapnya.  

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement