Sabtu 17 Jul 2021 19:19 WIB

Erick Dorong Roadmap Industri Kreatif

Indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan industri kreatif.

Rep: Novita Intan/ Red: Ferry kisihandi
Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan keterangan pers di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (2/6/2021).
Foto: ANTARA/Dhemas Reviyanto
Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan keterangan pers di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (2/6/2021).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-- Menteri BUMN Erick Thohir berencana membentuk roadmap industri kreatif. Hal ini mengingat Indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan industri kreatif dunia.

“Bikin roadmap.  Nanti duitkan, dicarikan, apakah dari konten, travelling, food? Nanti dilihat, kita memupuk di suatu titik lalu menjadi komunitas besar,” ujarnya saat diskusi ’Jatim Obah Bareng’ bersama Mas Wishnutama dan Kang Fiki Satari serta jejaring komunitas kreatif Indonesia Creative Cities Network (ICCN) secara virtual, Sabtu (17/7)

Menurutnya, Indonesia memiliki empat potensi untuk mengembangkan industri kreatif antara lain market, populasi, generasi muda, nilai kreativitas, dan budaya yang kuat.

“Indonesia harus menjadi negara pop culture. Jika serius membangun roadmap yang ada, akan ada kolaborasi, bukan hanya dari sisi pendanaan, bukan hanya ekosistem yang mendukung  pop culture,” ucapnya.

Erick menyebut, jika Indonesia mampu mengembangkan industri kreatif maka bisa sejajar dengan Amerika, Jepang, dan Korea.

“Sehingga Indonesia memiliki turunannya bisa jadi tren Korea, apa-apa bisa tren, lagu, kosmetik, susu, musik. Kemudian Jepang disusul, Amerika, lalu Inggris  melalui budaya,” ucapnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement