Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

Presiden Mesir Beri Selamat pada Presiden Baru Israel

Sabtu 17 Jul 2021 12:58 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih

Presiden Israel Isaac Herzog berbicara di kediaman presiden di Yerusalem, Rabu, 7 Juli 2021. Isaac Herzog, keturunan keluarga Zionis terkemuka, mengambil sumpah jabatan pada Rabu dan menjadi presiden ke-11 Israel.

Presiden Israel Isaac Herzog berbicara di kediaman presiden di Yerusalem, Rabu, 7 Juli 2021. Isaac Herzog, keturunan keluarga Zionis terkemuka, mengambil sumpah jabatan pada Rabu dan menjadi presiden ke-11 Israel.

Foto: AP/Tsafrir Abayov
Sepekan usai dilantik sebagai presiden Israel, Herzog menyurati para pemimpin kawasan

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Presiden Mesir Abdel-Fattah al-Sisi mengucapkan selamat pada Presiden Israel Isaac Herzog. Dalam waktu sepekan usai dilantik, Herzog berbicara atau mengirimkan surat dengan pemimpin-pemimpin di kawasan. Baru-baru ini ia menerima ucapan selamat dari al-Sisi.

"Saya telah mengetahui dengan rasa senang dan penuh penghargaan berita anda didukung Knesset sebagai Presiden Negara Israel yang baru," kata al-Sisi seperti dikutip the Jerusalem Post, Sabtu (17/7).

Baca Juga

"Saya menggunakan kesempatan baik ini mengucapkan selamat pada Yang Terhormat saat Anda mulai tanggung jawab yang baru. Saya berharap terpilihnya Anda akan berkontribusi pada menguatnya budaya perdamaian. Dalam konteks ini saya ingin menegaskan kembali keyakinan Mesir pentingnya upaya bersama untuk meraih solusi yang adil dan langgeng tujuan Palestina dan saya sangat menantikan kontribusi Anda pada hal ini sehingga pada akhirnya kawasan kita bisa menikmati perdamaian yang kita idamkan," kata al-Sisi.

Patut dicatat al-Sisi tidak menyebutkan konflik Israel-Palestina tapi menulisnya sebagai 'tujuan Palestina'. Keyakinannya pada kemampuan Herzog dalam berkontribusi pada 'budaya perdamaian' tidak hanya karena rekam jejak presiden Israel.

Herzog dikenal dapat bekerja sama dengan semua pihak dari ultra ortodoks hingga ultra sekuler. Dari kelas yang paling kaya hingga yang paling miskin. Selain itu ada fakta ibu Herzog, Aura, lahir dan besar di Mesir.

Al-Sisi bertemu dengan Herzog di Kairo pada April 2017. Ketika itu Herzog yang masih menjadi ketua oposisi terbang ke Mesir untuk menghadiri pertemuan kawasan menuju perdamaian.

Keduanya kembali bertemu di New York pada November di tahun yang sama dan pada Februari 2020. Kala itu Herzog mengunjungi Kedutaan Besar Mesir di Tel Aviv untuk menandatangani buku belasungkawa atas meninggalnya mantan presiden Mesir Hosni Mubarak.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA