Sabtu 17 Jul 2021 02:35 WIB

Program di Bristol, Bantu Muslimah Belajar Berenang

Ada banyak tantangan yang menghalagi Muslimah berenang.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Agung Sasongko
Wanita berenang menggunakan burkini.
Foto: EPA
Wanita berenang menggunakan burkini.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Atlet Renang Sudan, Wafa Suliman memahami kebutuhan Muslimah yang kerap kesulitan untuk mencari lokasi berenang. Di Bristol misalnya, tak banyak tempat yang memungkinkan Muslimah berenang.

"Mereka (Muslimah) seringkali kesulitan untuk mencari lokasi berenang, banyak yang mengatakan bahwa mereka tak kepikiran untuk berenang apalagi di danau atau sungai,"kata dia seperti dilansir BBC, Jumat (16/7).

Baca Juga

Belum lagi, kata Wafa, ketika mereka menemukan lokasi untuk berenang mereka akan menghadapi masalah lain. Misalnya, ruang ganti dan fasilitas kamar mandi yang terbuka, pakaian renang harus terbuka, dan fasilitas kolam renang terbuka untuk umum.

"Ini yang sulit,"kata dia

Melihat situasi ini, Wafa bersama Open Minds Active menjalankan sebuah proyek yang intinya memberikan kesempatan kepada Muslimah untuk melakukan apa yang seharusnya bisa dilakukan tanpa terganggu dengan tantangan yang ada. Salah satunya, berselancar di pantai.

"Ini pertama kalinya saya mencoba berselancar. Sepanjang hidup saya, saya belum pernah berenang dalam ombak, hanya berenang di sungai atau danau juga kolam renang. Saya baru kali ini memiliki kesempatan untuk berselancar dengan mengenakan jilbab, ini luar biasa,"katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement