Jumat 16 Jul 2021 19:37 WIB

Reza Rahadian Duduki Kursi Ketua Komite FFI 2021

Reza Rahadian meneruskan posisi yang sebelumnya diduduki Lukman Sardi.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Ketua Komite Festival Film Indonesia (FFI) 2021-2023, Reza Rahardian.
Foto: Tangkapan Layar Konferensi Pers Piala Citra
Ketua Komite Festival Film Indonesia (FFI) 2021-2023, Reza Rahardian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Indonesia Reza Rahadian terpilih untuk memimpin komite Festival Film Indonesia (FFI) 2021 hingga 2023. Reza meneruskan posisi yang sebelumnya telah diduduki oleh Lukman Sardi. 

Reza secara khusus ditunjuk oleh Badan Perfilman Indonesia (BPI) yang dipimpin oleh Chand Parwez. Menurut Reza, penunjukan ini adalah sebuah bentuk, bukan hanya rasa kecintaan dia terhadap film Indonesia, tapi ini bentuk dari apa yang bisa dia berikan kembali kepada industri film Indonesia. 

Baca Juga

"Yang juga sudah berperan besar dalam hidup saya, sehingga saya mengiyakan tanggung jawab tersebut untuk bisa saya emban dengan baik bersama dengan anggota-anggota komite yang lain," kata Reza dalam konferensi pers Piala Citra yang disimak secara virtual, Kamis (15/7).

Komite yang dipimpin Reza itu berisikan berbagai anggota yang telah merupakan sosok profesional di bidang masing-masing. Ketua Bidang Penjurian diisi oleh sutradara Indonesia Garin Nugroho, Ketua Bidang Acara diisi oleh Inet Leimena, Sekretariat diisi oleh Linda Gozali, Humas diisi oleh Nazira C. Noer, dan Emira P. Pattiradjawane, serta Keuangan dan Pengembangan Usaha diisi oleh Gita Fara.

"Dalam memilih anggota komite FFI ini, saya mengutamakan profesionalisme dari profesinya masing-masing," tutur Reza.

Dia menyebut beberapa nama, seperti Nazira yang telah bekerja di bidang Humas. Lalu, Inet merupakan sosok yang telah dikenal di dunia event atau acara-acara sehingga Reza meminta Inet untuk menjadi Ketua Bidang Acara. 

Sementara, Reza juga menyebut Garin Nugroho yang dinilai mumpuni mengemban jabatan Ketua Bidang Penjurian. "Mas Garin menurut saya adalah tokoh, figur perfilman nasional yang juga membuka banyak kesempatan bagi pecinta film Indonesia, untuk melihat tidak hanya karya-karya beliau di Indonesia, tapi juga film internasional melalui festival-festival yang tersebar di mana-mana," kata Reza. 

Dia menganggap Garin memiliki film-film pemenang festival internasional yang menjadi bagian dari karir dan rekam jejak Garin Nugroho. Proses pemilihan anggota, kata Reza, berdasarkan rekam jejak masing-masing anggota. 

"Oleh sebab itu saya memutuskan untuk memilih orang-orang tersebut, figur-figur tersebut, untuk menjadi bagian dari komite FFI ini sampai dengan 2023," jelas dia. 

Menyambut Piala Citra tahun ini, Komite Festival Film Indonesia mengusung tema Sejarah Film dan Media Baru, dengan subtema Beralih Masa Bertukar Rasa Film Indonesia. Pendaftaran film  akan dibuka mulai tanggal 15 Juli - 30 Agustus 2021.

Sementara, zeleksi dan penjurian akan berlangsung mulai tanggal 30 Agustus 2021 sampai 25 Oktober 2021. Malam nominasi rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2021, sedangkan malam penghargaan pada tanggal 10 November 2021.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement