Jumat 16 Jul 2021 18:36 WIB

Pelindo 1 Raih Akhlak Awards 2021

Pelindo 1 telah memiliki fokus kinerja yang terintegrasi dan tersebar secara merata

Menteri BUMN Erick Thohir memberikan penghargaan kepada Direktur Utama Pelindo 1 Prasteyo, dalam acara “Refleksi 1 Tahun Akhlak BUMN” yang diselenggarakan secara virtual oleh Kementerian BUMN dan ACT Consulting pada, Kamis (15/7).
Foto: Pelindo I
Menteri BUMN Erick Thohir memberikan penghargaan kepada Direktur Utama Pelindo 1 Prasteyo, dalam acara “Refleksi 1 Tahun Akhlak BUMN” yang diselenggarakan secara virtual oleh Kementerian BUMN dan ACT Consulting pada, Kamis (15/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 meraih penghargaan dalam ajang Akhlak Award 2021 pada kategori Indeks Keseimbangan Fokus Organisasi dengan nilai A (100 persen). Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir kepada Direktur Utama Pelindo 1 Prasteyo, dalam acara “Refleksi 1 Tahun Akhlak BUMN” yang diselenggarakan secara virtual oleh Kementerian BUMN dan ACT Consulting pada, Kamis (15/7).

Direktur Utama Pelindo 1, Prasetyo menyampaikan rasa terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh Kementerian BUMN ini. “Penghargaan ini merupakan prestasi seluruh tim Pelindo 1 dan akan menjadi dorongan bagi seluruh insan Pelindo 1 untuk semakin meningkatkan kinerja dan pelayanan,  dengan komitmen, konsistensi dan jalinan komunikasi yang baik dalam mengimplementasikan core values AKHLAK dalam kehidupan sehari-hari,” kata Prasetyo.

Pelindo 1 meraih kategori Indeks Keseimbangan Fokus Organisasi dengan nilai A (100 persen), dalam hal ini dapat diartikan bahwa Pelindo 1 telah memiliki fokus kinerja yang terintegrasi dan tersebar secara merata kepada enam area kesadaran organisasi yang harus dimiliki organisasi. Adapun enam kesadaran tersebut adalah sustainability, relationship, performance, growth, common goals, dan meaning purposes.

photo
PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 meraih penghargaan dalam ajang Akhlak Award 2021 pada kategori Indeks Keseimbangan Fokus Organisasi dengan nilai A (100 persen). - (Pelindo I)

 

Pelindo 1 juga secara konsisten terus menyelenggarakan berbagai program budaya untuk mensosialisasikan dan menginternalisasikan AKHLAK agar menjadi perilaku sehari-hari, seperti Deklarasi Akhlak, pembentukan tim internalisasi Akhlak/Change Agent, kompetisi inovasi, webinar budaya, e-learning budaya, penguatan budaya melalui artefak, kuis, gamifikasi, komik, video, report Akhlak setiap bulan, branding awareness Akhlak di seluruh channel aplikasi korporat dan pelaksanaan survei budaya.

Pemberian penghargaan ini berdasarkan hasil riset pengukuran indeks kesehatan budaya kerja AKHLAK (AKHLAK Culture Health Index/ACHI) yang telah dilakukan oleh ACT Consulting selama periode Maret sd Mei 2021. Dari riset dan kajian yang dilakukan secara periodik itu, diketahui Indeks Implementasi AKHLAK, yaitu sejauh mana nilai-nilai AKHLAK diimplementasikan baik yang dialami maupun yang diamati oleh para karyawan.

Acara tersebut merupakan momentum untuk melakukan evaluasi sejauh mana keberhasilan implementasi Core Values AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) setelah digulirkan sejak 1 Juli 2020 pada seluruh BUMN bersama anak perusahaan, serta  penghargaan kepada BUMN berdasarkan pemetaan dan pengukuran budaya organisasi yang sudah dilakukan sebelumnya.

Dalam ajang AKHLAK Award 2021 ini, Menteri BUMN Erick Thohir turut hadir bersama Menteri BUMN periode sebelumnya, diantaranya Tanri Abeng (Menteri BUMN 1998-1999),  Sugiharto (Menteri BUMN 2004-2007), Mustafa Abubakar (Menteri BUMN, 2009-2011),  dan  Dahlan Iskan (Menteri BUMN, 2011-2014), serta hadir pula  Ary Ginanjar Agustian (Founder ACT Consulting) sebagai penyelenggara dan Fifi Aleyda Yahya selaku moderator.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement