Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Keluarga Besar ICMI Takziyah Daring untuk Alm Sugiharto

Jumat 16 Jul 2021 06:57 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

 Takziyah, doa, dan tahlil daring ICMI untuk Wakil Ketua Umum ICMI almarhum Sugiharto (kanan)

Takziyah, doa, dan tahlil daring ICMI untuk Wakil Ketua Umum ICMI almarhum Sugiharto (kanan)

Foto: Republika/ Darmawan
Takziyah, doa, dan tahlil daring ICMI untuk almarhum Sugiharto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Para pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) bertakziyah virtual dan doa bersama untuk Wakil Ketua Umum ICMI yang juga mantan menteri BUMN, Sugiharto yang meninggal dunia pada Kamis (15/7) pagi. 

Almarhum Sugiharto meninggal di RS Pertamina Pusat pukul 09.22 WIB. Almarhum dimakamkan di  di Boarding School SMP-SMA Insan Cendekia ICMI, Sentul. 

Baca Juga

Ketua Umum ICMI, Prof Jimly Asshiddiqie, turut hadir dalam takziyah virtual yang berlangsung Kamis (15/7) malam. Dalam kesempatan itu, Prof Jimly mengucapkan bela sungkawa. Ia pun mengenang sosok almarhum Sugiharto yang menurutnya banyak melakukan kebaikan semasa hidupnya.  

"Kita keluarga besar ICMI sama-sama berduka, kita siap bersaksi dihadapan Allah bahwa pak Sugiharto ini orang baik, orang yang berguna dan bermanfaat bagi orang-orang disekitarnya," kata Prof Jimly. 

Prof Jimly mengatakan selama hidupnya almarhum Sugiharto banyak menebar amal jariyah serta mengajarkan banyak hal dengan keluasan ilmu dan wawasannya. Dia berharap keluarga almarhum diberikan kesabaran dan senantiasa mendoakan almarhun. Para pengurus ICMI pun bersama-sama membacakan tahlil. 

Almarhum Sugiharto malang melintang sebagai profesional dan birokrat. Dia pernah menjabat staf khusus Wakil Presiden Hamzah Haz pada periode 2002-2004, lalu 2004-2007 dia menjabat menteri BUMN dalam Kabinet Indonesia Bersatu sebelum digantikan Sofyan Djalil. 

Saat menjabat menteri BUMN, Sugiharto melepas jabatan sebagai Direktur Keuangan di PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC). Usai tak lagi menjabat menteri, Sugiharto menjadi Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) pada 2010-2015 dan menjadi Komisaris AJB Bumiputera 1912.    

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA