Jumat 16 Jul 2021 04:29 WIB

Nakes di Kota Cirebon Bakal Disuntik Vaksin Ketiga

Vaksin yang akan digunakan pada vaksinasi ketiga nakes adalah Moderna.

Rep: Lilis sri handayani/ Red: Esthi Maharani
Tiga botol
Foto: EPA-EFE/MICHAEL SOHN
Tiga botol

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Seluruh tenaga kesehatan (nakes) di Kota Cirebon akan mendapatkan vaksin ketiga dalam waktu dekat. Direncanakan vaksin yang akan digunakan pada vaksinasi ketiga nakes adalah vaksin Moderna.

'’Saat ini kita sedang menunggu dropping vaksinnya, direncanakan jenis Moderna. Vaksinasi ketiga untuk nakes ini kabar yang menggembirakan,’’ ujar  Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Edy Sugiharto, Kamis (15/7).

Menurut Edy, vaksinasi yang ketiga bagi para nakes sangat penting. Pasalnya, tingkat risiko paparan virus Covid-19 kepada nakes sangat tinggi.

‘’Nakes banyak yang terpapar, tingkat terpapar mereka lebih tinggi dari masyarakat biasa,’’ tukas Edy.

Edy menyebutkan, di RSD Gunung Jati, pada bulan lalu ada 182 yang positif Covid-19. Pada Juli ini, ada 59 nakes yang terpapar Covid-19. Ditambah lagi nakes di Puskesmas yang terpapar mencapai 41 orang.

Edy menjelaskan, frekuensi layanan nakes dan pasien sangatlah tinggi. Dalam sehari, bisa 100 - 200 orang pasien yang dilayani.

Berdasarkan data vaksinasi di Dinas Kesehatan yang di-update per Rabu, 14 Juli 2021, vaksinasi ke-1 kepada nakes mencapai 81,89 persen atau 4.001 orang, dan vaksinasi ke-2 mencapai 72,53 persen atas 3.544 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement