DPR: Prokes untuk Kepentingan Bersama

Untuk mengurangi potensi penyebaran Covid-19 yang sangat tinggi.

Kamis , 15 Jul 2021, 17:31 WIB
Puan Maharani, ketua DPR RI
Foto: dok pribadi
Puan Maharani, ketua DPR RI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR Puan Maharani menutup Masa Sidang V tahun sidang 2020-2021 dalam rapat paripurna hari ini. Dalam pidato penutupannya, dia mengingatkan, semua pihak untuk bergotong royong dalam penanganan pandemi Covid-19.

"DPR mengajak semua komponen dan anak bangsa untuk bergotong royong dalam menangani pandemi Covid-19, mengambil bagian serta tanggung jawab bersama untuk menjalankan protokol kesehatan untuk kepentingan bersama," ujar Puan di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (15/7).

Pihaknya mengapresiasi, semua pihak yang tak kenal lelah dalam penanganan pandemi Covid-19. Terutama para tenaga kesehatan (nakes) dan aparat penegak hukum yang berjuang di garda terdepan.

DPR juga mendukung kebijakan pemerintah, yakni pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat. Tujuannya, untuk mengurangi potensi penyebaran Covid-19 yang sangat tinggi dalam beberapa hari terakhir.

"Pemerintah agar segera melakukan upaya antisipasi dan mitigasi terhadap lonjakan kasus Covid-19 di luar wilayah Jawa dan Bali," ujar Puan.

Fungsi pengawasan DPR, kata Puan, akan selalu dilakukan dalam mengawasi kebijakan penanganan Covid-19 oleh pemerintah. Mulai dari perawatan pasien, ketersediaan obat-obatan, vaksinasi, hak para nakes, hingga evaluasi terhadap PPKM Darurat.

"DPR mengajak semua pihak untuk bergandengan tangan menyelamatkan bangsa dan negara dalam perang menghadapi pandemi Covid-19, menyatukan seluruh energi bangsa untuk dapat mengatasi pandemi Covid-19," ujar politikus PDIP itu.

Dalam penutupan pidatonya, Puan menyampaikan bahwa DPR akan memasuki masa reses hingga 15 Agustus mendatang. Momen tersebut harus dimanfaatkan para anggota dewan untuk menyapa dan menyerap aspirasi rakyat.

Tak lupa, dia mengingatkan, agar para legislator tetap memperhatikan protokol kesehatan selama masa reses. Kerja bersama rakyat, kata Puan, merupakan salah satu rangka untuk membangun kekuatan sosial dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Kami ucapkan selamat bekerja, tetap jaga kesehatan dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan," ujar Puan.