Kamis 15 Jul 2021 14:48 WIB

Ini Jawaban atas Kritik Film Indiana Jones 5

Sang sutradara geram karena cicitan yang ramai di Twitter memuat informasi keliru.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan dalam film Indiana Jones 5.
Foto: Walt Disney Studios Motion Pictures
Salah satu adegan dalam film Indiana Jones 5.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Proses produksi Indiana Jones 5 yang sempat tertunda beberapa tahun kini sudah kembali dilanjutkan. Di tengah antusiasme para penggemar, sutradara Indiana Jones 5 justru menuai kritik.

Kritik ini bermula ketika sutradara Indiana Jones 5 James Mangold merespons beberapa komentar negatif mengenai film tersebut di media sosial. Sekitar satu bulan lalu, ada satu pengguna Twitter bernama Matthew Kadish yang mengunggah cicitan mengenai empat alasan mengapa dia meyakini film Indiana Jones ditakdirkan menjadi film yang buruk

Dua alasan yang dilontarkan Kadish adalah "Steven Spielberg tidak menyutradarainya" dan "Kathleen Kennedy tidak memproduksinya". Dua alasan lainnya adalah "Harrison Ford berusia 78 tahun" dan "Film ini ditulis oleh Jonathan Kasdan, yang menulis Solo.

Mangold lalu merespons cicitan tersebut lewat akun Twitter pribadinya. Dalam cuitannya, Mangold memberikan tiga poin jawaban. Sebagian dari poin tersebut mengungkapkan bahwa tiga orang yang disebutkan oleh Kadish yaitu Steven Spielberg, Kathleen Kennedy, dan Harrison Ford merupakan sosok yang sangat berbakat dan mendukung dirinya.

 

Akan tetapi, respons Mangold tersebut menuai kritik karena pada poin pertama Mangold melontarkan ejekan bahwa cicitan Kadish dibuat dari basement. Terkait hal ini, Mangold meminta maaf atas caranya membalas cicitan Kadish.

Di sisi lain, Mangold juga memberikan pembelaan atas tindakan yang dia ambil. Mangold mengatakan dia selama ini tak pernah mengejek orang-orang yang memberikan kritik terhadapnya. Akan tetapi, Mangold mengatakan apa yang dilakukan Kadish bukanlah sebuah kritik, melainkan click bait untuk menciptakan sensasi.

"Saya pikir Anda tahu apa yang menyebabkan saya membalas si pembuat click bait seperti itu. Dan saya telah meminta maaf, karena dalam kondisi marah, saya berbicara terlalu melebar," ujar Mangold, seperti dilansir Cinema Blend, Kamis (15/7).

Mangold juga geram karena cicitan yang dilontarkan Kadish memuat informasi keliru demi mendapatkan perhatian banyak orang. Sebagai contoh, Kadish mengungkapkan bahwa Indiana Jones 5 ditulis oleh Kasdan. Mangold mengatakan informasi tersebut tidak benar.

Kasdan memang sempat mencoba untuk menulis naskah seperti beberapa penulis lainnya. Akan tetapi, naskah yang digunakan dalam Indiana Jones 5 merupakan naskah yang sepenuhnya dibuat oleh Mangold bersama Jez Butterworth dan John-Henry Butterworth.

Anggapan bahwa film Indiana Jones 5 akan menjadi film yang buruk karena bintang utamanya, Harrison Ford, sudah tak lagi muda juga tampak seperti diskriminasi terhadap umur.

Tak hanya itu, hingga saat ini proses produksi film Indiana Jones 5 saat ini masih dalam proses produksi. Tak ada satu pun yang sudah menonton film ini. Oleh karena itu, memberikan penilaian terhadap film yang bahkan belum rampung dirasa kurang adil. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement