Kamis 15 Jul 2021 11:54 WIB

Covid Tembus 50 Ribu, Luhut: Relatif Masih Terkendali

Luhut menyebut PPKM Darurat ketat relatif naik, tapi terkendali.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Dwi Murdaningsih
Luhut Binsar Pandjaitan
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Luhut Binsar Pandjaitan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan saat ini pemerintah masih melakukan evaluasi dan pengamatan perihal kebijakan PPKM. Apalagi, hingga 14 Juli kemarin yang terkonfirmasi positif covid ada 54.517 orang.

Luhut mengatakan angka ini kemungkinan bisa naik lagi. Namun, kata dia, hal ini dikarenakan varian delta yang baru ini memang punya penularan enam kali lebih cepat dari varian lama. Ini mengindikasikan bahwa penularan memang bisa saja lajunya cepat.

Baca Juga

Namun dia berharap agar masa inkubasi akibat terpapar varian delta ini antara 14-21 hari. "Ini bisa saja naik, tapi kita harap kalau masalah inkubasi delta ini antara 14-21 hari, jadi itu yang kita lihat," ujar Luhut dalam konferensi pers, Kamis (15/7).

Meski tembus 54 ribu, Luhut memastikan kasus Covid-19 ini relatif masih terkendali. "Tentu kita harus cermat lihat ini PPKM Darurat ketat relatif naik, tapi terkendali," tegas Luhut.

Luhut belum bisa memberikan kepastian apakah PPKM akan diperpanjang atau seperti apa skenario pemerintah kedepan. Kata dia, tim saat ini masih melakukan evaluasi dan perhitungan dengan mengajak seluruh pihak untuk berdiskusi.

"Sore ini atau paling lambat besok pagi saya baru akan lapor presiden soal ini," ujar Luhut.


Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement