Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Covid Tembus 50 Ribu, Luhut: Relatif Masih Terkendali

Kamis 15 Jul 2021 11:54 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Dwi Murdaningsih

Luhut Binsar Pandjaitan

Luhut Binsar Pandjaitan

Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Luhut menyebut PPKM Darurat ketat relatif naik, tapi terkendali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan saat ini pemerintah masih melakukan evaluasi dan pengamatan perihal kebijakan PPKM. Apalagi, hingga 14 Juli kemarin yang terkonfirmasi positif covid ada 54.517 orang.

Luhut mengatakan angka ini kemungkinan bisa naik lagi. Namun, kata dia, hal ini dikarenakan varian delta yang baru ini memang punya penularan enam kali lebih cepat dari varian lama. Ini mengindikasikan bahwa penularan memang bisa saja lajunya cepat.

Baca Juga

Namun dia berharap agar masa inkubasi akibat terpapar varian delta ini antara 14-21 hari. "Ini bisa saja naik, tapi kita harap kalau masalah inkubasi delta ini antara 14-21 hari, jadi itu yang kita lihat," ujar Luhut dalam konferensi pers, Kamis (15/7).

Meski tembus 54 ribu, Luhut memastikan kasus Covid-19 ini relatif masih terkendali. "Tentu kita harus cermat lihat ini PPKM Darurat ketat relatif naik, tapi terkendali," tegas Luhut.

Luhut belum bisa memberikan kepastian apakah PPKM akan diperpanjang atau seperti apa skenario pemerintah kedepan. Kata dia, tim saat ini masih melakukan evaluasi dan perhitungan dengan mengajak seluruh pihak untuk berdiskusi.

"Sore ini atau paling lambat besok pagi saya baru akan lapor presiden soal ini," ujar Luhut.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA