Kamis 15 Jul 2021 08:00 WIB

Pesona Masjid Agung Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa salah satu jejak peninggalan Wali Songo.

Rep: Hazanul Riqza/ Red: Agung Sasongko
Muslim traveller Mira Achiruddin di depan gerbang Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Cirebon.
Foto: Dok Mira Achiruddin
Muslim traveller Mira Achiruddin di depan gerbang Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Cirebon.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Mengunjungi kota Cirebon rasanya tak lengkap bila tak mengunjungi Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Masjid seluas 37,36 km persegi ini salah satu jejak peninggalan Wali Songo.

Kompleks tempat ibadah ini didirikan pada abad ke-15 M oleh para mubaligh Tanah Jawa tersebut. Dalam pembangunannya, Sunan Gunung Jati menunjuk Sunan Kalijaga sebagai arsitek.

Baca Juga

photo
Masjid Sang Cipta Rasa atau yang dikenal juga Masjid Agung Kasepuhan di Cirebon, Jawa Barat. - (Republika/WIhdan Hidayat)

Di samping itu, Raden Sepat juga ditugaskannya untuk membantu sosok pemilik nama asli Bendara Raden Mas Said tersebut dalam menunaikan amanah. Sebelumnya, ahli bangunan Majapahit itu menjadi tawanan dalam perang Demak-Majapahit. Untuk menyelesaikan proyek ini, sekitar lima ratus orang pekerja dari Cirebon, Demak, dan Majapahit turut terlibat.

Menurut buku Masjid-masjid Bersejarah dan Ternama Indonesia, Masjid Agung Sang Cipta Rasa berdiri sejak 1498 M. Tarikh yang agak berbeda disebutkan dalam Masjid-masjid Ber sejarah di Indonesiakarya Abdul Baqir Zein. Menurutnya, situs bernilai historis ini telah ada mulai tahun 1480 M. Ada pula yang berpendapat ber dirinya masjid itu terjadi pada 1478 M dan 1489 M.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement