Wednesday, 22 Safar 1443 / 29 September 2021

Wednesday, 22 Safar 1443 / 29 September 2021

Waktu Terbaik Minum Kopi di Pagi Hari

Kamis 15 Jul 2021 05:35 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Menikmati secangkir kopi setiap pagi menjadi rutinitas bagi sebagian orang.

Menikmati secangkir kopi setiap pagi menjadi rutinitas bagi sebagian orang.

Foto: Pixabay
Menikmati secangkir kopi setiap pagi menjadi rutinitas bagi sebagian orang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menikmati secangkir kopi setiap pagi menjadi rutinitas bagi sebagian orang. Meskipun langsung minum kopi setelah bangun tidur sangat menggoda, pakar kesehatan menyarankan menundanya guna mendapatkan hasil maksimal dari kopi yang diseduh.

Pasalnya, sebagian orang merasa gelisah setelah minum gelas kopi pertama. Ahli diet berlisensi Tracy Lockwood Beckerman mengatakan itu ada hubungannya dengan reaksi kimia kritis yang terjadi di tubuh, fakta bahwa kafein dari kopi bercampur dengan dua bahan kimia yang dikeluarkan tubuh.

Dua bahan kimia yang secara alami muncul itu adalah adrenalin (senyawa yang mempersiapkan tubuh untuk aktivitas) dan kortisol (hormon stres). Kedua hormon melakukan pekerjaan penting untuk memudahkan seseorang keluar dari siklus tidur dan membantu tubuh berfungsi saat memulai hari.

Dengan kombinasi demikian, mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi bisa memberikan efek samping negatif berupa rasa gelisah bagi sebagian orang. "Pada dasarnya Anda ingin kafein dalam kopi bersinar sebagai artis solo dan tidak dipengaruhi oleh efek kuat kortisol," ujar Beckerman.

Kalaupun tidak merasakan kegelisahan akibat kopi pagi, kafein yang tercampur dengan bahan kimia alami tubuh bisa membuat seseorang merasa lekas lelah. Hal itu berujung pada keinginan minum lebih banyak kopi sepanjang hari untuk mendapatkan efek penyeimbang.

Sebagai solusinya, tunggu sekitar satu jam setelah bangun tidur untuk minum secangkir kopi pertama di pagi hari. Minumlah saat waktu sarapan atau sesudahnya ketika bersiap-siap untuk bekerja supaya pagi terasa berenergi, dikutip dari laman First for Women, Rabu (14/7).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA