Kamis 15 Jul 2021 01:49 WIB

Pemkab Agam Prediksi Ada Peningkatan Pemotongan Hewan Qurban

Agam Prediksi Ada Peningkatan Pemotongan Hewan Qurban

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil
Sapi warga Kabupaten Agam yang akan jadi hewan qurban Presiden Jokowi untuk Sumatra Barat
Foto: dok. Istimewa
Sapi warga Kabupaten Agam yang akan jadi hewan qurban Presiden Jokowi untuk Sumatra Barat

IHRAM.CO.ID,AGAM--Dinas Pertanian Kabupaten Agam memprediksi pemotongan hewan qurban pada Idul Adha 1442 hijriah meningkat dibanding tahun lalu.

Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Iswan Hendri, mengatakan, pemotongan hewan qurban jenis sapi dan kerbau tahun ini diprediksi 5.575 ekor. Meningkat dibanding 2020 yang hanya sebanyak 5.414 ekor.

Baca Juga

Sedangkan pemotongan kambing tahun ini diprediksi 343 ekor, meningkat dibanding tahun lalu yang hanya 195 ekor.

“Data ini kita peroleh dari panitia kurban di seluruh kecamatan,” kata Iswan, Rabu (14/7)

Adanya kecenderungan peningkatan ini menurut Iswan membuktikan perekonomian masyarakat mulai membaik meski kondisi sekarang masih pandemi covid-19.

Ia menjelaskan, setiap kecamatan peningkatan pemotongan hewan qurbannya bervariasi. Ada yang meningkat di sapi, kerbau dan kambing.

Menurut Iswan, tidak tertutup kemungkinan peningkatan pemotongan hewan qurban ini terus terjadi. Karena masih ada waktu beberapa hari jelang hari raya Idul Adha 1442 hijriah.

Untuk memastikan hewan qurban yang akan dipotong sesuai kaidah agama dan UU, Dinas Pertanian akan menurunkan petugas untuk melakukan pemeriksaan, karena hewan yang akan disembelih selain sehat juga harus cukup umur dan tidak cacat.

“Pemeriksaan dilakukan mulai H-3 sampai H+2 pemotongan, bahkan kini sudah ada panitia kurban untuk melakukan pemeriksaan. Ini supaya dapat memastikan daging yang akan dikonsumsi masyarakat Aman, Sehat, Utuh, dan Halal (ASUH),” ujar Iswan.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement