Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Bank Mandiri Lahirkan 110 SDM Jadi Pimpinan BUMN

Rabu 14 Jul 2021 19:37 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Gita Amanda

Bank Mandiri, (ilustrasi). Bank Mandiri akan mengoptimalkan keberadaan Corporate University sebagai unit kerja pencipta insan Mandiri dan SDM bidang keuangan dengan kualitas terbaik.

Bank Mandiri, (ilustrasi). Bank Mandiri akan mengoptimalkan keberadaan Corporate University sebagai unit kerja pencipta insan Mandiri dan SDM bidang keuangan dengan kualitas terbaik.

Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Bank Mandiri berupaya menjadi organisasi yang dinamis dan inovatif

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Mandiri (Persero) Tbk berupaya mengembangkan diri untuk mengantisipasi perkembangan industri perbankan dan keuangan terkini. Perseroan akan mengoptimalkan keberadaan Corporate University sebagai unit kerja pencipta insan Mandiri dan SDM bidang keuangan dengan kualitas terbaik.

Direktur SDM & Kepatuhan Bank Mandiri Agus Dwi Handaya mengatakan, saat ini unit Corporate University bertanggung jawab atas pengembangan kemampuan dan karakter sekitar 40 ribu pegawai organik Bank Mandiri melalui berbagai rangkaian program training dan pelatihan yang melibatkan tenaga pengajar baik dari internal maupun eksternal, termasuk pengajar tamu dari institusi global. Tak hanya SDM internal, program pelatihan ini juga dirancang untuk memberi dampak yang signifikasi kepada masyarakat luas, misalnya melalui program Kriya Mandiri, Calon Pemimpin Daerah Khusus dan Mandiri Sahabatku.

“Corporate University Bank Mandiri melakukan program pengembangan karyawan dan masyarakat umum dengan menerapkan kurikulum pendidikan yang komprehensif dengan tetap mengintegrasikan muatan lokal,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (14/7).

Menurutnya sebanyak 70 persen pegawai Bank Mandiri di antaranya generasi milenial. Bank Mandiri berupaya menjadi organisasi yang dinamis dan inovatif untuk mengadaptasi perubahan yang cepat industri ini, apalagi mengingat kondisi perekonomian Indonesia yang masih rentan terhadap dampak penyebaran virus Covid-19.

“Dari sisi lain, disrupsi akibat revolusi industri 4.0 yang mengutamakan digitalisasi proses semakin terasa pada bisnis perbankan,” kata Agus.

Selaras dengan visi Corporate University Bank Mandiri yaitu Menjadi Center of Knowledge and Excellence bagi industri finansial dan menghasilkan pemimpin terbaik bangsa, menurutnya, Corporate University memiliki peran krusial dalam mencetak sumber daya manusia yang unggul, terutama top talents yang mampu mengambil peran kepemimpinan Bank Mandiri maupun di lingkungan BUMN lainnya.

“Mandiri University melakukan ini dengan terus menyelaraskan pembelajaran dengan bisnis, menjadi enabler kapabilitas para pegawai Bank Mandiri dan melakukan inovasi digital pada proses pembelajaran. Inovasi digital ini memampukan para Mandirian untuk menjadi pembelajar tangguh yang dapat dilakukan di mana saja, kapan saja,” ungkapnya.

Bank Mandiri pun memiliki target yang ambisius dalam mencetak pemimpin secara cepat, menanggapi tingginya demand ekspor talent dari lingkungan Bank Mandiri. Belum lama ini, 110 pemimpin Bank Mandiri ditempatkan berbagai posisi strategis di BUMN lainnya.

“Oleh karena itu, Mandiri University secara proaktif mengakselerasi proses pengembangan kepemimpinan melalui Leadership dan Management Development Academy,” ucapnya.

Dari kiprah dan capaian tersebut, Agus mengungkapkan, Corporate University Bank Mandiri terpilih menjadi corporate university perusahaan terbaik di Indonesia versi Global Council of Corporate Universities (GCCU). Penghargaan Gold Award untuk kategori Corporate Responsibility & Soft Power pada 2021 diberikan pada malam penganugerahan Global Council of Corporate Universities (Global CCU) Award di Perancis pada 5 Mei 2021.

“Kami berharap, berbagai inisiatif strategis dan keterlibatan aktif Corporate University Bank Mandiri dalam pengembangan SDM Perbankan di Indonesia akan dapat mendukung program pemerintah dalam rangka peningkatan kompetensi SDM lokal dan bersaing dengan SDM asing,” katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA