Sacchi Sebut Inggris buat Blunder Besar di Final Euro 2020

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar

Arrigo Sacchi
Arrigo Sacchi Foto: EPA/Adam Ciereszko
kesalahan strategi dan taktik yang diterapkan pelatih Gareth Southgate.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Mantan pelatih timnas Italia, Arrigo Sacchi, menilai, kekalahan Inggris dari Italia di final Euro 2020 tidak terlepas dari kesalahan strategi dan taktik yang diterapkan pelatih Gareth Southgate.

Memilih tampil bertahan setelah mencatatkan keunggulan pada awal laga menjadi blunder terbesar The Three Lions dalam laga di Stadion Wembley tersebut. The Three Lions mengawali laga tersebut dengan begitu sempurna.

Sepakan Luke Shaw mengantarkan Inggris unggul saat laga belum genap berjalan dua menit. Namun, The Three Lions memilih mempertahankan keunggulan tersebut dengan tampil bertahan nyaris di sepanjang laga.

Italia akhirnya mampu mendominasi permainan dengan mencatatkan penguasaan bola mencapai 60 persen. Puncaknya, Gli Azzurri bisa memecah kebuntuan sekaligus menyamakan kedudukan pada menit ke-67.

Tampil bertahan setidaknya sejak pertengahan babak pertama membuat The Three Lions kesulitan untuk bisa bangkit di sisa laga, terutama dalam membangun serangan.

Setelah hasil imbang, 1-1, bertahan pada masa perpanjangan waktu, laga berlanjut ke adu penalti. Italia akhirnya menutup laga dengan kemenangan, 3-2, setelah tiga penggawa The Three Lions gagal menjalankan tugasnya dengan baik.

Italia pun pulang ke Roma dengan raihan trofi Euro 2020 dan memaksa Inggris untuk kembali memendam mimpi meraih trofi di turnamen utama. Sacchi menyebut, pilihan Southgate untuk menerapkan gaya permainan bertahan justru menjadi blunder terbesar Inggris di laga tersebut.

Terkait


Manajer Arsenal Mikel Arteta memberi isyarat selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Sheffield United dan Arsenal di stadion Bramall Lane di Sheffield, Inggris, Minggu, 11 April 2021.

Arteta Yakin Saka Segera Bangkit dari Pelecehan Rasialis

Bek Inggris Harry Maguire.

Ayah Maguire Cedera Tulang Rusuk karena Ricuh di Wembley

Usain Bolt.

Usain Bolt Kutuk Serangan pada Trio Algojo Penalti Inggris

Pemain Persib Bandung, Erwin Ramdani.

Cara Erwin Ramdani Hilangkan Kejenuhan Latihan Mandiri

 Federico Chiesa dari Italia (kanan), melakukan tembakan ke gawang saat final kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Inggris dan Italia di Stadion Wembley di London,Senin (12/7) dini hari WIB.

Mantan Bek Italia Kritik Habis Inggris dan Media Lokalnya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image