Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Kebiasaan Ini Bisa Buat Anda Tampak Lebih Tua

Rabu 14 Jul 2021 17:47 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti

Kebiasaan yang membuat Anda tampak lebih tua (ilustrasi).

Kebiasaan yang membuat Anda tampak lebih tua (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com.
Gejala long Covid membuat seseorang kelelahan dan tidak enak badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Selalu terlihat awet muda merupakan dambaan bagi banyak orang. Namun begitu ada banyak kebiasaan sehari-hari yang bisa membuat seseorang terlihat berusia 10 tahun lebih tua, entah karena faktor kosmetik atau biologis.

Apa saja kebiasaan yang dimaksud? Dilansir Eat This Not That! pada Rabu (15/7), berikut kebiasaan sehari-hari yang bisa membuat seseorang terlihat lebih tua: 

1. Terkena long Covid

“Usiamu 40 tahun, tetapi terasa seperti 70 tahun" adalah bagaimana seorang dokter menggambarkan gejala long Covid. Gejala long Covid yang bisa dialami setelah terinfeksi virus SARS-CoV-2 bisa membuat seseorang mengalami gejala kelelahan dan tidak enak badan setelah beraktivitas. Diperkirakan 30 persen penyintas Covid-19 mengalami long Covid. Vaksinasi diklaim bisa mengurangi gejala.

2. Kurang tidur

Tidur menjadi salah satu indikator kesehatan seseorang secara keseluruhan. National Sleep Foundation menganjurkan setiap individu tidur antara tujuh sampai sembilan jam pada malam hari. Jika kurang dari itu, kulit akan menjadi kendur dan proses internal tubuh tidak akan berfungsi dengan baik. Kulit kendur tentu bisa membuat Anda terlihat lebih tua.

Penelitian dari National Institutes of Health telah membuktikan bahwa kurang tidur mempertinggi risiko demensia. “Baik kurang tidur dan tidur lebih lama dari rata-rata telah dikaitkan dengan kemungkinan lebih besar terkena demensia. Namun, sulit untuk menentukan apakah perubahan tidur ini berkontribusi pada penyakit atau hanya mencerminkan gejala awal,” demikian laporan studi tersebut.

3. Malas gerak

Kurang aktivitas fisik secara teratur bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Sistem tubuh Anda membutuhkan gerakan untuk bekerja dengan baik. WHO telah menyarankan untuk menyisihkan 150 menit selama satu minggu untuk beraktivitas fisik.

"Jika Anda ingin menurunkan berat badan, mempertahankan berat badan ideal, atau memenuhi tujuan kebugaran tertentu, Anda jangan malas bergerak. Teruslah berolahraga secara teratur,” kata Mayo Clinic.

4. Obesitas

Kelebihan berat badan atau obesitas tidak hanya membuat Anda terlihat lebih tua, namun juga mempersingkat hidup Anda. Ahli obesitas Yale Medicine, John Magaña Morton, mengatakan bahwa obesitas mempertinggi risiko terkena kanker, diabetes, hingga jantung. Obesitas juga meningkatkan risiko keparahan penyakit.

5. Jarang pakai tabir surya

Meski sinar UV memberi manfaat bagi Kesehatan tubuh, namun jika waktu dan durasi paparan tidak tepat, itu bisa berkontribusi pada penuaan hingga kanker kulit. Karena itulah penting mengaplikasikan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan. 

"Anda dapat mengurangi risiko kanker kulit dengan membatasi atau menghindari paparan radiasi ultraviolet (UV). Anda juga bisa menjaga kulit dengan menggunakan krim tabir surya," kata Mayo Clinic.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA