Rabu 14 Jul 2021 17:31 WIB

Film Sci-fi Terbaik Menurut Skor IMDb

Sebagian film bergenre sci-fi membuat penonton berdebar.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti
Film Interstellar.
Foto: Paramount Pictures
Film Interstellar.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Menonton adegan astronot yang mengalami perjalanan luar angkasa membuat jantung para penonton ikut berdebar. Terlebih jika astronaut diceritakan tak bisa kembali ke bumi, atau tersesat di black hole, atau meninggal dalam perjalanan, membuat Anda teringat itu adalah ketakutan terbesar yang dimiliki manusia di bumi. 

Begitu banyak film yang berhasil menyampaikan perasaan stres, kecemasan, dan keterasingan itu dengan berbagai cara. Baik itu ilmuwan yang terlalu ambisius yang keluar jalur, atau pendaratan darurat di planet yang dipenuhi alien. Berikut beberapa film tentang luar angkasa yang  yang mengasyikkan sekaligus melelahkan, direkomendasi laman Screen Rant, Rabu (4/7):

1. Interstellar (2014) dengan skor 8,6

photo
Film Interstellar. - (Paramount Pictures)

 

Meskipun banyak yang menganggap Interstellar terpolarisasi, namun filmini mendapat skor besar 8,6 di IMDb. Film itu juga dinilai sebagai film terbesar ke-28 sepanjang masa di situs web.

Film ini bukan hanya tentang perjalanan ruang angkasa, tetapi perjalanan waktu dan alam semesta paralel juga. Oleh karena begitu banyak karakter tersebar di seluruh waktu, ruang, dan dimensi yang berbeda, ini lebih menghentakkan hati dan intens dibandingkan film lain tentang tersesat di ruang hampa.

Interstellar adalah standar emas film perjalanan ruang angkasa. Sebab efek visualnya dan kepiawaian akting dari Hans Zimmer, dan ruang lingkup film yang ambisius semuanya benar-benar tak tertandingi.

2. Alien (1974) dengan skor 8,4

photo
Salah satu adegan dalam film Alien. - (20th Century Fox.)

 

Di film Alien, meskipun anggota kru dalam keadaan statis sampai mencapai tujuan, mereka semua bangun lebih awal ketika mereka mendeteksi transmisi dari bulan terdekat. Meskipun protes, kru setuju untuk mendarat di bulan, yang merupakan kesalahan terbesar yang pernah mereka buat.

Sebagian besar film berlangsung di Nostromo dengan anggota kru yang mencoba bertahan dari serangan alien. Tersesat di luar angkasa bukanlah masalah yang dihadapi, tetapi itu juga tidak membantu situasi. Kombinasi perjalanan ruang angkasa dan diburu oleh Xenomorph membuatnya menjadi film fiksi ilmiah yang brilian.

3. 2001: A Space Odyssey (1968) dengan skor 8,3

photo
Film 2001: A Space Odyssey. - (Metro-Goldwyn-Mayer)

 

Bisa dibilang, ini adalah film paling ambisius yang pernah dibuat, terutama mengingat keterbatasan industri film saat itu. 2001: A Space Odyssey adalah salah satu film terlengkap tentang perjalanan luar angkasa yang pernah dibuat.

Seperti semua film Stanley Kubrick yang terbaik, film inii sangat terbuka untuk interpretasi. Sebab semua yang terjadi, David Bowman (Keir Dullea) tampaknya terus-menerus didorong melalui ruang sangat aneh.

Antara bepergian melalui perjalanan ke gerbang bintang, dan berakhir di sebuah rumah di suatu tempat di tengah alam semesta, di mana dia melihat dirinya menua. Tidak ada yang pernah tersesat di luar angkasa selain Bowman.

4. The Martian (2015) dengan skor 8,0

photo
The Martian Movie - (CenturyFox)

 

Meskipun secara aneh dinominasikan untuk kategori komedi terbaik di The Golden Globes, The Martian adalah salah satu film fiksi ilmiah terbaik sepanjang massa. Sinema ini juga dinilai sebagai film yang berkisah tentang 'hilang' di luar angkasa terbaik.

Meskipun dia tidak benar-benar tersesat karena Mark Watney (Matt Damon), sangat sadar dia ada di Mars. 

Watney dibiarkan berjuang sendiri dan melakukan perjalanan ribuan kilometer melintasi planet ini. Film itu adalah kembalinya sutradara Ridley Scott ke genre fiksi sains. 

5. Planet of the Apes (1968) dengan skor 8,0

photo
Film Planet of the Apes. - (20th Century Fox)

 

Setelah terdampar di planet yang tidak dia diketahui, George (Charlton Heston) benar-benar hilang di luar angkasa. Sampai beberapa menit terakhir dari film berdurasi dua jam itu, para penggemar juga tidak terlalu memahami plot cerita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement