Rabu 14 Jul 2021 08:16 WIB

Taliban Sambut Investasi dari China untuk Afghanistan

Taliban menyebut China sebagai negara bersahabat

Red: Nur Aini
Menyebut China sebagai negara
Menyebut China sebagai negara "bersahabat", Taliban mengatakan mereka menyambut baik investasi Beijing dalam pembangunan kembali Afghanistan yang dilanda perang.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Menyebut China sebagai negara "bersahabat", Taliban mengatakan mereka menyambut baik investasi Beijing dalam pembangunan kembali Afghanistan yang dilanda perang.

“Kami menyambut baik mereka (China). Jika mereka memiliki investasi tentu kami menjamin keamanan mereka. Keamanan mereka sangat penting bagi kami,” kata juru bicara Taliban Suhail Shaheen, dalam wawancara baru-baru ini dengan harian South China Morning Post.

Baca Juga

“Kami telah mendatangi China berkali-kali dan kami memiliki hubungan baik dengan mereka,” kata Shaheen.

“China adalah negara sahabat yang kami sambut untuk pembangunan dan pengembangan Afghanistan,” imbuh dia.

Pernyataan menyambut investasi China dari Taliban itu datang ketika pasukan AS dan sekutu NATO menyatakan keluar dari Afghanistan setelah perang selama 20 tahun. AS dan Taliban menandatangani kesepakatan pada Februari lalu, membuka jalan bagi pasukan asing untuk menarik diri dari Afghanistan, pembebasan tahanan, mengeluarkan para pemimpin Taliban dari daftar hitam, dan menuntut dukungan internasional untuk membangun kembali negara itu.

Keluarnya pasukan asing telah menyebabkan Taliban meningkatkan tekanan pada pemerintahan di Kabul di mana mereka merebut kendali banyak distrik dari pemerintah Afghanistan yang dipimpin Presiden Ashraf Ghani. Selain mengambil alih kuasa di distrik-distrik, Taliban melanjutkan diplomasi mereka dengan mengirim delegasi baru-baru ini ke Iran dan Rusia.

'Kami tak akan biarkan tanah Afghanistan digunakan lawan negara lain' 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/taliban-sambut-investasi-ramah-dari-china-untuk-afghanistan/2303235
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement