Rabu 14 Jul 2021 07:03 WIB

Realisasi Pembiayaan Investasi Capai Rp 25,6 Triliun

Realisasi pembiayaan investasi ini lebih tinggi dibanding semester satu 2020

Rep: Novita Intan/ Red: Joko Sadewo
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (foto ilustrasi)
Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (foto ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Keuangan mencatat realisasi pembiayaan investasi sebesar Rp 25,6 triliun pada semester satu 2021. Adapun realisasi ini lebih tinggi dibanding semester satu 2020 sebesar Rp 6 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan realisasi ini berasal dari investasi ke Badan Layanan Umum (BLU) sebesar Rp 15,6 triliun dan investasi pemerintah melalui pinjaman PEN kepada daerah sebesar Rp 10 triliun. “Utang negara tetap bisa membantu seluruh elemen terutama di daerah," ujarnya berdasarkan bahan paparan saat rapat kerja bersama Badan Anggaran DPR seperti dikutip Rabu (14/7).

Secara rinci, pembiayaan tersebut disalurkan kepada Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (BLU PPDPP) sebanyak 93.792 unit rumah melalui KPR Sejahtera, dari target 157.500 unit rumah yang diterima masyarakat berpenghasilan rendah.

Lalu Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (BLU LPDP) juga telah menyalurkan beasiswa kepada 6.469 orang dari target tujuh ribu orang serta pendanaan riset, termasuk riset untuk penanganan Covid-19, sebanyak 82 kontrak dari target 50 kontrak. BLU PIP juga membiayai 1,1 juta debitur terutama ulta mikro dari target 1,8 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement