Rabu 14 Jul 2021 06:02 WIB

Putra Asli Papua Jadi Lulusan Terbaik Akademi Angkatan Laut

KSAL menjamu Letda Always Giving Hamonangan Tiris, peraih Adhi Makayasa AAL 2021.

Rep: Erik PP/Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono bersama peraih Adhi Makayasa AAL 2021, Letda Always Giving Hamonangan Tiris di Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (13/7).
Foto: Dispenal
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono bersama peraih Adhi Makayasa AAL 2021, Letda Always Giving Hamonangan Tiris di Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (13/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Putra asli Papua, Letda Always Giving Hamonangan Tiris, peraih Adhi Makayasa 2021 dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (13/7). Sebagai lulusan terbaik Akademi Angkatan Laut (AAL), Always merupakan anak dari seorang juru parkir di Jayapura, Papua.

Upacara pelantikan juga dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Pertahanan Letjen (Purn) Prabowo Subianto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Selain itu, hadir Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo.

Dalam amanatnya, Jokowi menyampaikan ucapan selamat kepada para perwira remaja (paja) lulusan Akademi Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang baru dilantik. Dia mengingatkan, perjalanan paja untuk mengabdi kepada bangsa, negara, dan rakyat Indonesia baru saja dimulai.

"Saudara harus memegang teguh kode etik perwira dan jati diri sebagai perwira TNI dan Polri. Junjung tinggi kehormatan dan kecintaan sebagai perwira TNI dan Polri. Pelihara kekompakan dan persatuan sesama perwira TNI dan Polri dengan tetap menghormati fungsi dan tugas masing-masing," kata Jokowi.

Presiden melantik dan mengambil sumpah 700 orang paja TNI dan Polri. Adapun pelantikan para perwira dari Akademi TNI didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 65/TNI Tahun 2021.

Paja yang dilantik terdiri atas 227 perwira dari Akademi Militer (Akmil), 101 perwira AAL, 91 perwira dari Akademi Angkatan Udara (AAU), dan 281 perwira dari Akademi Kepolisian (Akpol). Sebagian besar dari para perwira tersebut mengikuti jalannya prosesi acara melalui konferensi video di masing-masing Akademi.

Letda Always sebagai lulusan terbaik di angkatannya, mewakili 100 paja AAL angkatan ke-66 tahun 2021 lainnya, hadir di Istana bersama-sama dengan perwakilan dari paja TNI AD, TNI AU, serta Polri. Keberhasilannya untuk menjadi yang terbaik dan dilantik di Istana tentu tidak mudah.

Perjuangannya selama menempuh pendidikan termotivasi orang tuanya yang selalu mendukung dan memberikan semangat. Always yang lahir pada 15 Maret 1999, merupakan putra dari juru parkir Alex Tiris dan Dirmawaty Panjaitan, sebagai penjual minuman.

Keluarga sederhana ini juga sudah mengentaskan anak pertama, yaitu Letda Mar Aldre Binhur Tiris sebagai taruna AAL angkatan ke-63 tahun 2018. Sang kakak saat ini berdinas di Pangkalan Marinir (Lanmar) Sorong, Papua Barat.

Usai mengikuti upacara, Always dijamu KSAL Laksamana Yudo Margono di Markas Besar AL (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur, untuk silaturahim. Yudo berpesan kepada Always agar dapat mempertahankan prestasi dengan terus berbuat yang terbaik.

Menurut Yudo, meraih gelar Adhi Makyasa merupakan pekerjaan susah. Hal itu karena harus diraih dengan penuh perjuangan. Dia juga mengapresiasi Always yang tidak menjadikan keterbatasan orang tuanya sebagai alasan untuk meraih kesuksesan.

"Jangan pernah malu, justru kamu harus bangga punya orang tua yang seperti itu, tetap sederhana dan tetap rendah hati,” ujar Yudo dalam siaran pers.

Menurut Yudo, paja usai dilantik Presiden, merupakan awal dari tugas untuk mengabdi kepada bangsa dan negara, khususnya TNI AL. "Ini bukan akhir melainkan awal, persiapkan diri untuk mengisi diri dengan hal yang baik dan menjadi yang terbaik,” ucap Yudo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement