Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

Top 5 News: Dexamethasone Lemahkan Imun, dr Lois tak Ditahan

Rabu 14 Jul 2021 05:31 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

dexamethasone disebut sebagai obat pisau bermata dua.

dexamethasone disebut sebagai obat pisau bermata dua.

Foto: Republika
Dexamethasone disebut sebagai obat pisau bermata dua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tingginya angka masyarakat yang terpapar Covid-19, membuat obat-obatan dan vitamin laris manis di pasaran. Namun, masyarakat diharapkan berhati-hati untuk membeli dan mengkonsumsi obat-obatan yang disebut bisa mencegah atau mengobati Covid-19, salah satunya dexamethasone yang ternyata tidak berguna untuk pasien tanpa gejala, gejalan ringan, dan sedang.

Kabar dexamethasone yang disebut malah melemahkan daya tahan tubuh menempati peringkat pertama dalam daftar top 5 news Republika.co.id, Selasa (12/7). Dua berita terkait Covid-19 lainnya juga masuk dalam jajaran berita terpopuler, antara lain soal penangkapan Dokter Lois, dan studi yang menyebut minum kopi bisa mengurangi risiko terpapar Covid-19.

1. Hati-Hati, Dexamethasone Justru Lemahkan Daya Tahan Tubuh

JAKARTA -- Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof Ari Fahrial Syam mengingatkan masyarakat untuk tidak membeli obat sesuai dengan resep yang viral. Daftar obat itu disebut-sebut berkhasiat untuk Covid-19.

Salah satu obat yang direkomendasikan ialah dexamethasone. Prof Ari juga menemukan resep dari platform telemedicine yang turut memberikan dexamethasone.

Prof Ari menjelaskan, ilmu kedokterkan berbasis bukti menyebut dexamethasone tidak berguna untuk pasien tanpa gejala. Demikian juga dengan gejala ringan dan sedang.

"Saya pernah menyampaikan mengenai dampak buruk mengonsumsi dexamethasone ini, saya sebut obat ini sebagai pisau bermata dua," ungkap Prof Ari.

Baca berita selengkapnya di sini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA