Selasa 13 Jul 2021 22:28 WIB

Bupati Garut Imbau Warga Lapor Jika Belum Dapat Bantuan

Pemerintah telah memberikan berbagai program bantuan sosial.

Bupati Garut Imbau Warga Lapor Jika Belum Dapat Bantuan (ilustrasi).
Foto: istimewa
Bupati Garut Imbau Warga Lapor Jika Belum Dapat Bantuan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,GARUT -- Bupati Garut Rudy Gunawan mengimbau warga segera lapor ke ketua RT/RW maupun desa jika belum mendapatkan bantuan saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat karena pemerintah sudah menyiapkan berbagai program bantuan sosial.

"Masyarakat yang mempunyai akses-akses kekurangan itu segera laporkan ke RT, ke RW," kata dia di Garut, Provinsi Jawa Barat, Selasa (13/7).

Pemkab Garut terus memantau untuk memastikan penyaluran bantuan bagi masyarakat berjalan dengan baik, sesuai aturan, di tengah pelaksanaan PPKM Darurat.

Jika masih ada masyarakat belum mendapatkan bantuan yang digulirkan pemerintah, kata dia, maka harus segera melapor agar diupayakan untuk mendapatkan bantuan yang dialokasikan dari pemerintah desa. "Karena Dana Desa bisa digunakan delapan persennya untuk jaminan sosial," katanya.

Ia menyampaikan PPKM Darurat masih berlangsung hingga 20 Juli 2021, masyarakat tidak perlu khawatir terkait dengan kebutuhan pokok selama dilaksanakannya PPKM Darurat.

Pemerintah, lanjut dia, telah menggulirkan beberapa program bantuan untuk membantu masyarakat agar tetap terpenuhi kebutuhan hidupnya selama masa pandemi seperti direalisasikannya bantuan sosial melalui Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Pemerintah telah memberikan berbagai program bantuan sosial di antaranya lebih 250 ribu kepala keluarga mendapatkan bantuan reguler dari PKH dan BPNT. "Supaya masyarakat tidak ada satu pun yang tidak mendapatkan konsumsi makan," katanya.

Ia menambahkan program bantuan lainnya yang digulirkan bagi pelaku usaha mikro yang terkena dampak pandemi COVID-19 yakni Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM), kemudian bantuan uang tunai bagi 46 ribu warga tidak mampu di Garut.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement