Selasa 13 Jul 2021 22:02 WIB

Mensos: Bantuan Sosial Tunai Sudah Cair

Mensos mengatakan bansos sosial tunai untuk warga terdampak PPKM darurat sudah cair.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Bayu Hermawan
Menteri Sosial Tri Rismaharini (tengah)
Foto: Prayogi/Republika.
Menteri Sosial Tri Rismaharini (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memastikan Bantuan Sosial Tunai (BST) sudah cair dan saat ini masih terus berproses. Mensos yang akrab disapa Risma ini menegaskan BST sudah tersalurkan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) sejak pekan lalu.

"Sudah sejak minggu lalu sudah disalurkan. Penyaluran melalui PT Pos," kata Mensos, Selasa (13/7).

Baca Juga

Risma mengatakan pencairan memang disegerakan bersamaan dengan dimulainya PPKM Darurat. Dan pemerintah pusat telah menginstruksikan kepada jajaran Kementerian Sosial agar mengakselerasi program perlindungan sosial sebagai langkah pendukung pemberlakuan kebijakan PPKM Darurat.

BACA JUGA: DKI Alokasikan Rp 623 M untuk Bantuan Tunai PPKM Darurat

"Menindaklanjuti hal tersebut, Kemensos mempercepat pencairan bantuan sosial untuk masyarakat terdampak pandemi Covid-19," tegas Risma.

PKH dan BPNT/Kartu Sembako merupakan bansos reguler dalam rangka menurunkan angka kemiskinan dengan target berbasis Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Penyaluran PKH dan BPNT/Kartu Sembako dilakukan melalui jaringan Himpunan Bank-bank Negara (Himbara).

Risma mengungkapkan PKH menjangkau 10 juta KPM dengan indeks berdasarkan komponen dalam keluarga. BPNT/Kartu Sembako, saat ini, menjangkau 15,93 juta KPM dengan indeks Rp200 ribu/KPM/bulan.

"Adapun BST merupakan bansos khusus dengan target 10 KPM dengan indeks Rp300 ribu/KPM/bulan. BST disalurkan melalui jaringan PT Pos Indonesia," terangnya.

BACA JUGA: Warga Bekasi Temukan Mayat Bayi Terbungkus Kantong Plastik

BPNT/Kartu Sembako yang saat ini menjangkau 15,93 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), kembali ditingkatkan jangkauannya untuk 18,8 juta KPM. BST dengan jangkauan 10 juta KPM berjalan selama dua bulan, dengan dibayarkan pada Juli ini.

Kemudian, lanjut Risma, Kemensos melalui Perum Bulog juga menyalurkan beras seberat 10 kg kepada KPM BPNT/Kartu Sembako dan BST. "Dengan bantuan beras, diharapkan masyarakat terdampak pandemi bisa tercukupi kebutuhan dasarnya," kata Mensos.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement