Rabu 14 Jul 2021 04:17 WIB

Urutan Mobil Listrik Berdasar Daya Jelajah

Tesla Model S hadir dengan daya jelajah sejauh 659 kilometer.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Tesla Model S
Tesla Model S

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Dalam mobil listrik, daya jelajah adalah salah satu indikator utama. Daya jelajah menentukan harga, kualitas dan kepraktisan dari electric vehicle (EV).

Hal ini pun mendorong Car and Driver untuk mencoba menghadirkan peringkat EV berdasar daya jelajah. Dikutip pada Selasa (13/7), peringkat teratas untuk daya jelajah EV ditempati oleh Tesla.

Baca Juga

Bahkan, peringkat pertama diborong oleh keempat model sekaligus yakni Tesla Model S, 3, X dan Y. Tesla Model S hadir dengan daya jelajah sejauh 659 kilometer, Model X 576 kilometer, Model 3 mengantongi daya jelajah 564 kilometer dan Model Y 521 kilometer.

Setelah Tesla, peringkat ditempati oleh Ford Mustang Mach-E yang mencatatkan daya jekajah sejauh 488 kilometer. Dari sini terlihat bahwa Ford berhasil memberikan perlawanan bagi Tesla yang telah lebih dulu memperkenalkan EV.

Selain daya jelajah, mobil ini juga memberikan perlawanan dari sisi performa. Karena, Ford Mustang Mach-E hadir dengan output sebesar 480 daya kuda dengan akselerasi 0 hingga 100 kilometer/jam dalam 3,5 detik.

Setelah Ford, peringkat ditempati oleh Chevrolet Bolt yang mengantongi daya jelajah 414 kilometer. Kemudian, pada peringkat keempat ditempati oleh Hyundai Kona dengan capaian 412 kilometer.

Selanjutnya, peringkat ditempati oleh Volkswagen ID.4 yang hadir dengan daya jelahah 400 kilometer. Mobil ini pun hadir dengan output yang hampir sama dengan Chevrolet Bolt dan Hyundai Kona yang menyajikan output sekitar 200 daya kuda.

Pada peringkat keenam, Kia bertengger lewat produk Niro EV yang hadir dengan daya jelajah 382 kilometer. Selanjutnya, posisi Kia disusul oleh Jaguar I-Pace lewat daya jelahah 374 kilometer.

Sebagai produk premium, Jagua I-Pace dibekali dengan output 394 daya kuda dan desain yang khas. Selain itu, mobil dengan sistem all wheel drive ini juga hadir dengan interior yang mewah dan fitur canggih.

Peringkat ketujuh dalah hal daya jelajah sendiri ditempati oleh Porsche Taycan 4S Battery Plus. Mobil dengan output 552 daya kuda ini mencatat daya jelajah sejauh 363 kilometer.

Selanjutnya, peringkat ditempati oleh Nissan Leaf, Audi e-tron, Volvo XC 40 Recharge dan Mini Cooper Electric. Keempat produk itu hadir dengan daya jelajah di bawah 361 kilometer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement