Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Kemenaker, Buruh, dan Pengusaha Bersatu Hadapi Pandemi

Selasa 13 Jul 2021 20:36 WIB

Red: Muhammad Hafil

Kemenaker Gelar Deklarasi Gotong Royong Hadapi Pandemi

Kemenaker Gelar Deklarasi Gotong Royong Hadapi Pandemi

Foto: Dok Republika
Kemenaker Gelar Deklarasi Gotong Royong Hadapi Pandemi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA --Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah bersama pimpinan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) dan Serikat Pekerja/Buruh lainnya, Selasa (13/7), menggelar Deklarasi Gotong Royong. Kegiatan ini untuk menangani berbagai isu yang muncul saat pemberlakuan PPKM Darurat Covid-19.

Dalam sambutannya, Ida berharap kepada semua stakeholder agar dapat bekerja sama dan optimis menghadapi PPKM Darurat Covid-19.

Baca Juga

"Mari kita bersama-sama duduk bergandengan tangan untuk sama-sama dan memiliki kepercayaan yang tinggi dan optimis," kata Ida.

Berikut isi deklarasi gotong royong yang dihadiri oleh unsur Pemerintah, SP (Serikat Pekerja) atau SB (Serikat Buruh) dan Pengusaha:

Demi Ibu Pertiwi, ini adalah deklarasi kami, Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin, Asosiasi Pengusaha Indonesia atau Apindo, dengan para pimpinan Serikat Pekerja/Serikat Buruh di seluruh Indonesia, menyikapi pandemi Covid-19 dalam masa PPKM Darurat ini dan seterusnya.

Deklarasi ini kami lakukan demi para pejuang kesehatan yang gugur, demi para tenaga kesehatan yang sampai detik ini terus berjuang habis-habisan, demi rakyat Indonesia yang hari ini masih terbaring sakit, demi para ibu yang mencemaskan anak-anaknya, dan disaksikan Pemerintah Republik Indonesia yang bekerja tak kenal menyerah. Maka kami sampaikan deklarasi ini.

Satu, menyelesaikan segala pertikaian dan konflik melalui dialog yang sehat dan kompromi yang adil.

Dua, menepis semua berita bohong terkait pandemi Covid-19 yang tidak berdasar pada kajian medis.

Tiga, tetap mematuhi protokol kesehatan dalam masa PPKM Darurat dan masa-masa sesudahnya.

Empat, meniadakan pengumpulan massa yang berpotensi menyebarkan virus Covid-19, dan membawa semua bentuk perselisihan ke meja perundingan dengan kepala dingin dan bertanggung-jawab.

Lima, memberikan tugas kepada Menaker RI, dengan seluruh kewenangan yang dimilikinya, untuk mengupayakan langkah-langkah praktis dan strategis memperbaiki situasi industri dan ketenagakerjaan di seluruh Indonesia, selama dan pasca-pandemi Covid-19.

Enam, saling mengingatkan khususnya dalam hal penegakan protokol kesehatan di lingkungan kerja.

Selalu ada pelangi setelah hujan. Saat ini Ibu Pertiwi sedang sakit. Saatnya kita bergotong-royong keluar dari kesulitan demi kesulitan yang tengah kita hadapi.

Kami yang tergabung dalam Kadin, Apindo, duduk bersama kawan-kawan Serikat Pekerja/Serikat Buruh dari seluruh Indonesia, sama-sama diri pada deklarasi ini, bahwa kami akan memenangkan Indonesia.

Kita belum kalah, dan kita tidak akan kalah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA