Rabu 14 Jul 2021 04:15 WIB

Arsitek Hindu Bangun Masjid Hingga Dijuluki Bapak Masjid

Govindan membangun rumah ibadah karena cinta pada kesatuan umat manusia.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Arsitek Hindu Bangun Masjid Hingga Dijuluki Bapak Masjid. Ilustrasi
Foto: AP/Manish Swarup
Arsitek Hindu Bangun Masjid Hingga Dijuluki Bapak Masjid. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Govindan Gopalakrishnan, arsitek Hindu asal India berusia 85 tahun telah membangun banyak masjid, empat gereja, dan sebuah kuil. Karena lebih banyak membangun masjid sepanjang karier arsiteknya, ia sampai dijuluki 'Bapak Masjid'.

Govindan telah menggeluti dunia arsitektur selama 60 tahun. Dia membangun banyak rumah ibadah dari berbagai agama karena kecintaannya kepada kesatuan umat manusia.

Baca Juga

Ia juga menyimpan kitab suci dari beberapa agama di rumahnya. Alquran, Alkitab, dan kitab suci Hindu Gita, disimpan di rumah sederhananya di kota Thiruvananthapuram di Kerala, India selatan.

Dia sangat meyakini kerukunan beragama. Ia menjalankan puasa selama bulan suci Ramadhan dan puasa 41 hari selama haji Sabarimala. Istrinya, Jaya, yang telah menjadi pasangannya selama 60 tahun, adalah seorang Kristen sehingga ia pun ikut melaksanakan puasa Paskah.

"Salah satu dari dua putra saya menikah dengan seorang wanita Muslim. Saya menyambut semua agama di rumah saya dan memberi mereka rasa hormat yang sama," kata dia, seperti dilansir di Aljazirah, Selasa (13/7).

Kariernya sebagai arsitek dimulai setelah menyelesaikan sekolah karena ia tidak mampu pergi ke perguruan tinggi karena kesulitan keuangan yang dihadapi oleh keluarganya. Sebaliknya, ia bergabung dengan ayahnya, seorang kontraktor bangunan sebagai anak magang.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement