Monday, 22 Syawwal 1443 / 23 May 2022

Berbagi Kebaikan di Masa Pandemi Lewat Qurban From Home

Selasa 13 Jul 2021 19:29 WIB

Red: Hiru Muhammad

Pandemi Covid-19 yang belum mereda telah mendorong sejumlah lembaga amil zakat menawarkan pembelian hewan qurban secara online. Selain lebih aman dan praktis, berqurban di masa pandemi ini akan memberikan manfaat lebih besar bagi mereka yang berhak menerimanya.

Pandemi Covid-19 yang belum mereda telah mendorong sejumlah lembaga amil zakat menawarkan pembelian hewan qurban secara online. Selain lebih aman dan praktis, berqurban di masa pandemi ini akan memberikan manfaat lebih besar bagi mereka yang berhak menerimanya.

Foto: istimewa
Pequrban dapat secara langsung menyaksikan penyembelihan hewan melalui live streaming

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Jelang hari raya Idul Adha 1442 H (2021), pemerintah kembali menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, mulai 3 Juli 2021 sampai dengan 20 Juli 2021. Kemungkinan perpanjangan peraturan ini dapat saja kembali berlanjut, mengingat peningkatan kasus corona (Covid-19) di wilayah Jawa dan Bali masih terjadi. 

Hal ini dapat mempengaruhi proses pembelian qurban maupun penyembelihan yang biasanya dilakukan setiap hari raya Idul Adha, karena harus menyesuaikan dengan peraturan PPKM Darurat yang telah berlaku. Lembaga Amil Zakat Nasional Bangun Sejahtera Mitra Umat (Laznas BSMU) pada Idul Adha tahun 2021 ini memiliki program yang menjawab permasalahan qurban di masyarakat. Melalui program bertemakan Alirkan Kebaikan untuk Negeri, program ini merupakan qurban peduli untuk negeri yang dagingnya nanti akan disalurkan kepada yang membutuhkan di hampir seluruh wilayah Indonesia. 

Risyad Iskandar Direktur Marketing and Network Laznas BSMU, dalam keterangan tertulisnya Selasa (13/7) mengatakan, “Hari Raya Idul Adha merupakan hari kebahagiaan bagi umat Islam, alangkah lebih baik jika kebahagiaan itu dapat diberikan kepada orang lain melalui berqurban yang dagingnya disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan ditengah kondisi pandemi yang belum usai ini,"katanya. 

Laznas BSMU memberikan kemudahan bagi para pequrban (mudhohi) dalam menyalurkan hewan qurbannya dengan konsep qurban from home, atau proses pembelian hewan yang dilakukan melalui online. Program ini juga merupakan bentuk dukungan terhadap anjuran pemerintah untuk tetap di rumah selama peraturan PPKM Darurat ini berlaku.

Masyarakat dapat melakukan pembelian hewan qurban melalui website resmi bsmu or id atau platform donasi online yaitu jadiberkah id hingga menjelang hari raya Idul Adha. Khusus nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) dapat langsung melakukan pembelian melalui aplikasi BSI Mobile di menu Beli, lalu pilih Hewan Qurban.

Laznas BSMU juga memberikan berbagai pilihan hewan qurban, mulai dari paket ekonomis hingga paket premium sesuai dengan kemampuan pequrban. Hewan qurban yang disiapkan tentunya sudah melalui proses pengawasan mutu serta memenuhi syariat Islam, karena hewan yang dipilih merupakan hewan yang berasal dari peternak yang dibina  Laznas BSMU.

Laznas BSMU menghadirkan sebuah pengalaman menarik yaitu pequrban dapat secara langsung menyaksikan penyembelihan hewan melalui live streaming di beberapa titik penyembelihan yang ada di hampir seluruh Indonesia, dengan jadwal penyembelihan hewan qurban yang akan diinfokan kepada para pequrban sebelum hari raya.

Program ini juga merupakan pemberdayaan ekonomi masyarakat yang bertujuan mengaktifkan roda perekonomian, terutama di desa-desa sebagai sentra hewan qurban, dengan membina para peternak dhuafa sehingga mereka dapat hidup lebih layak dan hewan yang dijual adalah hewan memenuhi standar kesehatan dan berkualitas. "Kami berharap masyarakat yang berkecukupan dapat menghadirkan kemaslahatan secara merata dengan mengalirkan kebaikan untuk negeri kita tercinta,"kata Risyad. 

 

 

 

 

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA