Sunday, 4 Zulhijjah 1443 / 03 July 2022

Ribuan Mahasiswa dan Alumni Unhas Terima Vaksinasi Pertama

Selasa 13 Jul 2021 17:56 WIB

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Andi Nur Aminah

Rektor Unhas, Dwia Aries Tina Pulubuhu menyaksikan pelaksanaan vaksinasi mahasiswa dan alumni Unhas di Gelanggang Olah Raga JK Arenatorium, Kampus Unhas, Makassar., Selasa (13/7)

Rektor Unhas, Dwia Aries Tina Pulubuhu menyaksikan pelaksanaan vaksinasi mahasiswa dan alumni Unhas di Gelanggang Olah Raga JK Arenatorium, Kampus Unhas, Makassar., Selasa (13/7)

Foto: Humas Unhas
Untuk tahap pertama dijadwalkan berlangsung tiga hari, diikuti sebanyak 5.312 peserta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mahasiswa dan alumni Universitas Hasanuddin (Unhas) menerima vaksinasi dosis pertama, berlangsung di Gelanggang Olah Raga JK Arenatorium, Kampus Unhas, Makassar. Kegiatan vaksinasi ini bekerjasama antara Unhas dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Pemerintah Kota Makassar, Ikatan Alumni Unhas, dan PMI Sulawesi Selatan.

Mengawali kegiatan, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, A Arsunan Arsin, yang juga ketua panitia menjelaskan kegiatan vaksinasi menargetkan 20 ribu peserta. Untuk tahap pertama yang dijadwalkan berlangsung tiga hari mendatang diikuti sebanyak 5.312 peserta yang terdiri dari 1.169 alumni dan 4.143 mahasiswa.

Baca Juga

Arsunan menambahkan layanan vaksinasi tersebut merupakan bentuk kontribusi Unhas bersama para alumni menyukseskan program pemerintah dalam menekan laju penyebaran Covid-19. Kegiatan ini juga dalam rangka mempersiapkan mahasiswa mengikuti proses pembelajaran blended learning jika nantinya mendapatkan arahan dari pemerintah.

"Kita ikut prihatin dengan situasi pandemi. Kegiatan ini bukan yang pertama kali dilakukan. Jadi, Unhas sudah punya pengalaman sebelumnya. Keterlibatan ini menunjukkan bahwa Unhas punya peran dan ikut memikirkan kondisi kenegaraan serta melakukan berbagai kegiatan sesuai kapasitas," kata Arsunan, dalam keterangannya, Selasa (13/7).  

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unhas Dwia Aries Tina Pulubuhu menyampaikan, layanan vaksinasi merupakan wujud kerja sama dengan berbagai pihak termasuk pemerintah kota, para alumni serta Kementerian terkait. Harapannya, Unhas dapat berkontribusi mewujudkan Kota Makassar dan Sulawesi Selatan serta Indonesia terbebas dari Covid-19.

Ia juga mengajak para mahasiswa dan alumni Unhas untuk berperan memberi edukasi kepada masyarakat. Vaksinasi dapat menjadi solusi mengatasi pandemi. "Melalui pemberian vaksin, kita berharap tingkat penyebaran virus dapat berkurang dengan terbentuknya herd immunity," kata Dwia.

Setelah penyelenggaraan tahap pertama selesai, akan dijadwalkan kembali untuk tahap kedua bagi para alumni dan mahasiswa yang belum menerima vaksin. Sejak pagi hari, ribuan alumni dan mahasiswa Unhas berbondong-bondong mendatangi lokasi vaksinasi. Hari pertama ditargetkan ada 1.785 peserta yang menerima vaksin. Proses vaksinasi direncanakan berakhir pukul 16.00 WITA. Kegiatan akan kembali dilanjutkan esok hari dengan fakultas yang berbeda.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA