Selasa 13 Jul 2021 15:46 WIB

Lima Cara Mengusir Rasa Bosan Saat WFH

Melihat tanaman bisa menyegarkan kembali pikiran Anda.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti
Tips mengatasi suntuk saat bekerja dari rumah atau work from home (WFH) (ilustrasi).
Foto: Pixabay
Tips mengatasi suntuk saat bekerja dari rumah atau work from home (WFH) (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berada di rumah saja kini menjadi bagian dari hidup masyarakat. Selain belajar di rumah bagi anak-anak, berbagai perusahaan saat ini juga menetapkan kebijakan bekerja dari rumah. 

Kebijakan ini ditetapkan menyusul lonjakan kasus baru Covid-19 yang masih belum terkendali. Namun, sebagian orang juga telah bekerja dari rumah sejak awal pandemi berlangsung. Tak sedikit dari mereka merasa sangat bosan karena hanya bisa berada di rumah saja tanpa keluar rumah sedikitpun.

Lalu, bagaimana cara Anda mengusir rasa bosan setelah seharian beraktivitas hanya di rumah saja? Berikut beberapa tips dari LiniPoin, sebuah aplikasi yang ramah pengguna yang memberikan banyak pilihan hiburan inspiratif dan berwawasan, yang diberikan melalui siaran pers yang diterima Republika.co.id, baru-baru ini: 

1. Atur area kerja dengan nuansa alam.

Melihat tanaman, terlebih setelah menjalani keseharian yang lebih banyak dihabiskan di depan laptop atau komputer dapat menyegarkan pikiran Anda. Oleh karenanya, Anda bisa menempatkan beberapa tanaman di meja kerja ataupun sudut ruangan.

Ada beberapa jenis tanaman yang bisa menjadi referensi untuk Anda tempatkan di dalam ruang kerja. Misalnya tanaman ivy (Hedera helix), kaktus, lidah mertua, atau tanaman hijau lainnya. Jenis -jenis tanaman ini sangat mudah dirawat. 

Selain mempercantik dekorasi area kerja, menaruh tanaman di dalam ruangan juga dapat bermanfaat bagi kesehatan. Sebab tanaman bisa memperbaiki kualitas udara, meningkatkan kelembaban, dan mengurangi stres.  

2. Dorong suasana hati dan semangat lewat musik di radio.

Tidak seperti jika WFO yang semangatnya 'dipaksa' untuk keluar karena harus menempuh perjalanan ke kantor, biasanya suasana hati dan semangat ini membutuhkan usaha lebih besar untuk 'dipaksa' jika bekerja di rumah. Terlebih ditambah dengan adanya distraksi dari keluarga, lingkungan rumah, ataupun hal lainnya.

Solusinya, Anda bisa merangsang suasana hati agar bisa jadi lebih semangat dengan cara mendengarkan musik di radio. Selain pilihan musik yang sudah dikurasi khusus untuk menemani aktivitas pagi  para pendengar, kita juga bisa mendengarkan celotehan ringan para penyiar radio yang kadang mengundang gelak tawa.

3. Segarkan pikiran lewat gim dan kuis seru.

Setelah berjam-jam berkutat dengan dokumen dan meeting virtual bersama klien, Anda bisa sedikit menjadi segar kembali dengan bermain gim tingan. Salah satu yang bisa menjadi referensi adalah Linigames yang terdapat pada aplikasi Linipoin, aplikasi user friendly dari Codify (PT Kreasi Kode Digital), bagian dari ekosistem digital PT Solusi Sinergi Digital Tbk. (IDX: WIFI) atau Surge. 

Terdapat enam gim ringan yang bisa menyegarkan kembali pikiran dan santai sejenak mulai dari permainan bola di Poin Ball, permainan lompat di Just Hop lah, permainan susun balok di Lini Stacko, permainan mobil di Space Rover, hingga serunya mengumpulkan koin di Panjat Pinang. 

Cara lainnya dengan menjawab kuis ringan seputar informasi ringan yang sedang hangat dibicarakan dan bersifat menghibur. Misalnya judul lagu baru penyanyi pop Indonesia, asal lagu daerah, dan lain sebagainya di Linikuis.

4. Coba olahraga ringan di tengah padatnya aktivitas.

Selain banyak konsumsi air putih, berolahraga ringan juga sangat dianjurkan ketika Anda banyak menghabiskan aktivitas di rumah saja. Beberapa gerakan sederhana yang bisa dilakukan seperti misalnya menengokkan kepala ke kiri dan kanan secara bergantian, melakukan gerakan memutar pada pergelangan tangan, merentangkan kedua tangan dan menahannya beberapa detik, serta menekuk leher ke samping dan letakkan telinga kiri ke bahu kiri dan sebaliknya.

5. Jangan lupa untuk tetap update dengan berita terbaru.

Melakukan kegiatan di rumah bukan berarti jadi kudet alias kurang terkini. Di tengah kondisi yang terjadi, penting bagi Anda untuk selalu update dengan informasi-informasi yang terjadi di sekitar, mulai dari mencari info terkini kasus Covid-19, kebijakan pemerintah, hiburan sampai berita selebritas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement