Rabu 14 Jul 2021 00:26 WIB

7 Golongan Orang Lebih Rentan Digigit Nyamuk, Anda Termasuk?

Nyamuk memang lebih menyukai orang tertentu.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Nyamuk menghisap darah (Ilustrasi). Saat berkumpul, ada orang-orang tertentu yang tampak lebih banyak dikerubungi dan digigit nyamuk.
Foto: Reuters
Nyamuk menghisap darah (Ilustrasi). Saat berkumpul, ada orang-orang tertentu yang tampak lebih banyak dikerubungi dan digigit nyamuk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika berada di satu tempat yang sama, terkadang ada orang-orang tertentu yang tampak lebih banyak dikerubungi dan digigit nyamuk. Ternyata, ada penjelasan ilmiah di balik fenomena ini.

Ahli entomologi medis dan ahli nyamuk dari University of Florida, di Amerika Serikat, Dr Jonathan Day, mengatakan bahwa nyamuk memang lebih menyukai orang tertentu. Orang-orang ini lebih disukai oleh nyamuk karena memiliki zat kimia tertentu pada kulit mereka.

Baca Juga

"Sebagian orang memproduksi lebih banyak zat kimia tertentu di kulit mereka. Dan sebagian kecil dari zat kimia tersebut, seperti asam laktat, memikat nyamuk," papar Dr Day, seperti dilansir Indian Express.

Selain itu, ada pula bukti yang menunjukkan bahwa golongan darah O lebih menarik perhatian nyamuk dibandingkan golongan darah A atau B. Karena gen menentukan golongan darah, Dr Day mengatakan, genetik merupakan faktor yang membuat sebagian orang cenderung lebih sering digigit oleh nyamuk.

Dr Day menjelaskan, nyamuk menggunakan CO2 sebagai sarana utama mereka untuk mengidentifikasi target yang akan digigit. Di lain sisi, semua vertebrata termasuk manusia memproduksi CO2. Yang membuat sebagian orang menonjol bagi nyamuk adalah laju metabolik istirahat.

"Ibu hamil dan orang-orang gemuk atau obesitas cenderung memiliki laju metabolik istirahat lebih tinggi, yang membuat mereka lebih menarik bagi nyamuk," jelas Dr Day.

Faktor lain yang turut memengaruhi kecenderungan seseorang untuk digigit nyamuk adalah warna pakaian yang gelap. Selain itu, melakukan banyak gerakan juga memberikan sinyal kepada nyamuk betina untuk datang dan menggigit orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement