Selasa 13 Jul 2021 14:56 WIB

Penderita Diabetes Perlu Lakukan Cara Ini tuk Cegah Covid-19

Gula dan makanan manis bukan satu-satunya makanan yang perlu diwaspadai.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Diabetes (Ilustrasi)
Foto: Huffingtonpost
Diabetes (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyandang diabetes cenderung lebih rentan mengalami komplikasi serius bila terkena Covid-19. Oleh karena itu, penting bagi penyandang diabetes untuk menjaga kesehatan dan keamanan mereka dengan optimal di masa pandemi Covid-19.

Setidaknya ada enam hal yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan kesehatan penyandang diabetes. Berikut ini adalah keenam hal tersebut, seperti dilansir Times of India, Selasa (13/7):

1. Makanan sehat

Gula dan makanan manis bukan satu-satunya makanan yang perlu diwaspadai oleh penyandang diabetes. Beberapa makanan lain juga dapat memicu terjadinya lonjakan kadar gula darah sehingga perlu dihindari. Contoh dari makanan-makanan tersebut adalah sayuran berpati, tepung halus, dan lemak trans.

Coba beralih ke makanan-makanan kaya nutrisi untuk menunjang sistem imun di masa pandemi. Makanan-makanan ini bisa berupa sayuran hijau, gandum atau biji-bijian utuh, buah sitrus, dan kacang-kacangan.

2. Pola hidup aktif

Kadar gula darah yang tak terkontrol merupakan masalah utama dalam kasus diabetes. Selain menjaga pola makan, kadar gula darah perlu dikontrol dengan pola hidup yang aktif. Ada beragam jenis aktivitas fisik yang bisa menjadi pilihan, seperti jalan kaki, lari, dan angkat beban.

Pilih aktivitas fisik yang paling sesuai dengan kondisi dan kemampuan diri sendiri. Upayakan untuk rutin melakukan aktivitas fisik ini selama 30-45 menit per hari.

3. Hidrasi baik

Penyandang diabetes memiliki risiko tinggi mengalami dehidrasi. Alasannya, kadar gula darah yang tinggi menurunkan kemungkinan hidrasi di dalam tubuh.

Penyandang diabetes perlu memperhatikan hidrasi tubuh mereka dengan seksama. Beberapa minuman yang aman dikonsumsi untuk penyandang diabetes secara umum adalah air putih, infused water, dan air kelapa. Jus dalam kemasan tak begitu disarankan karena kandungan gulanya yang tinggi.

4. Kelola stres

Tingkat stres turut memengaruhi kadar gula darah penyandang diabetes. Stres melepaskan hormon bernama kortisol yang bisa secara langsung mempengaruhi kadar gula darah di dalam tubuh. Hormon tersebut membuat tubuh sulit untuk mengubah gula menjadi energi, sehingga gula mulai menumpuk di aliran darah.

Hormon tersebut juga turut memperberat gejala diabetes seperti sakit kepala, nyeri otot, kelelahan, dan lain-lain. Menurunkan dan mengelola stres dapat membantu penyandang diabetes untuk mengelola penyakit mereka sekaligus meningkatkan sistem imun.

5. Konsumsi obat

Penting bagi penyandang diabetes untuk meminum obat resep dokter secara rutin sesuai anjuran. Bila mengalami gejala Covid-19, penyandang diabetes sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter alih-alih hanya membeli obat bebas. Alasannya, sebagian obat bebas atau obat OTC memiliki efek menyebabkan fluktuasi kadar gula darah dan memicu masalah lebih lanjut terkait kondisi diabetes yang diderita pasien.

6. Patuhi protokol

Kunci utama dalam mencegah Covid-19 bagi siapa pun, termasuk penyandang diabetes, adalah dengan menerapkan protokol kesehatan yang dibutuhkan. Sebagian di antaranya adalah menggunakan masker, menjaga jarak fisik, menghindari kerumunan, mencuci tangan secara rutin, dan berdiam diri di rumah bila sakit atau mengalami gejala Covid-19. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement