Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

ACT Operasikan Layanan Medis Gratis ke Rumah

Selasa 13 Jul 2021 07:30 WIB

Rep: idealisa masyrafina/ Red: Hiru Muhammad

Suasana ruang kerja Ramadhan Care Line di Menara 165 ACT, Jakarta, Senin (3/5). ACT meluncurkan program Ramadhan Care Line yang merupakan layanan telpon 24 jam untuk bantuan pangan guna melayanin kebutuhan warga yang terdampak pandemi Covid-19. Republika/Thoudy Badai

Suasana ruang kerja Ramadhan Care Line di Menara 165 ACT, Jakarta, Senin (3/5). ACT meluncurkan program Ramadhan Care Line yang merupakan layanan telpon 24 jam untuk bantuan pangan guna melayanin kebutuhan warga yang terdampak pandemi Covid-19. Republika/Thoudy Badai

Foto: Republika/Thoudy Badai
Belum genap seminggu beroperasi, sudah ada ribuan warga yang menelepon layanan ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--ACT telah mengoperasikan layanan Covid-19 Medical Careline Services (MCS) mulai Selasa (6/7) lalu. Layanan ini memberikan berbagai pelayanan medis, dari mulai  konsultasi dengan dokter profesional, bantuan ambulans, home visit oleh tim medis, dan pelayanan obat gratis yang diantar langsung ke rumah.

Belum genap seminggu beroperasi, sudah ada ribuan warga yang menelepon layanan ini. Masyarakat mengaku sangat bersyukur dengan kehadiran program Covid-19 MCS ACT. Mereka mengatakan sangat terbantu karena banyak dari mereka yang tengah menjalani isolasi mandiri ataupun tengah sakit sehingga tidak bisa keluar rumah.

Seperti Eni Siswari Junaidi, salah satu penelepon Covid-19 MCS, ia merupakan warga yang terpapar Covid-19 dan tengah menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Ia menjelaskan, saat ini keluarganya sangat sulit untuk mendapatkan fasilitas medis dan obat-obatan.

"Terima kasih ACT sudah memfasilitasi keluarga kami untuk mendapatkan konsultasi kesehatan dan obat gratis. Ini sangat membantu keluarga kami, semoga keluarga saya cepat sembuh. Berkah selalu untuk ACT," ujar Suami Eni, saat menerima obat gratis lalu, dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (12/7).

Sementara itu, Muhammad Harris, yang juga menerima obat dan vitamin gratis dari layanan ini berharap, bantuan dari Covid-19 MCS bisa terus berlanjut. Sebab, masih banyak masyarakat yang menurutnya sangat memerlukan bantuan kesehatan.

Bukan hanya obat gratis. Beberapa penelepon setelah berkonsultasi dengan dokter layanan ini, dinyatakan juga memerlukan bantuan medis secara langsung. Alhasil ambulans yang membawa tim medis dari layanan ini pun dikerahkan. 

Keluarga Sarah, yang bertempat tinggal di wilayah Condet, Jakarta Timur ini, menjadi salah satu penelepon yang rumahnya didatangi langsung oleh tim Humanity Medical Services (HMS). Tiga anggota keluarganya terpapar virus Covid-19. Bahkan, Ibu Sarah mengalami gejala yang cukup mengkhawatirkan. Tim medis pun bergerak cepat dengan melakukan berbagai perawatan, agar kondisi Ibu Sarah membaik.

Bagi masyarakat yang tengah sakit atau menjalani isolasi mandiri, dan kesulitan mendapatkan akses medis serta obat-obatan, bisa menelepon layanan Covid-19 MCS ACT ini. Warga Jabodetabek bisa menghubungi nomor 021 2940 7165. Layanan ini beroperasi setiap hari, dari pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. (Idealisa masyrafina)

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA