Selasa 13 Jul 2021 00:00 WIB

Studi: Minum Kopi Kurangi Risiko Terpapar Covid-19

Konsumsi satu cangkir kopi berpeluang 10 persen lebih kecil terinfeksi Covid-19.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Nora Azizah
Konsumsi satu cangkir kopi berpeluang 10 persen lebih kecil terinfeksi Covid-19.
Foto: Pixabay
Konsumsi satu cangkir kopi berpeluang 10 persen lebih kecil terinfeksi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah penelitian menangkap bahwa meminum secangkir kopi setiap hari dapat mengurangi resiko terpapar virus Covid-19. Riset Northwestern University mengungkapkan, mengonsumsi satu cangkir kopi berpeluang 10 persen lebih kecil untuk terinfeksi Corona.

"Studi ini juga menambahkan bahwa minum kopi lebih dari satu cangkir adalah keuntungan tambahan bagi orang tersebut," kata peneliti dari Northwestern University seperti dikutip laman Republicworld, Senin (12/7).

Baca Juga

Dia menjelaskan, konsumsi kopi berhubungan positif dengan biomarker inflamasi seperti protein C-reaktif, faktor nekrosis tumor I (TNF-I) dan interleukin-6 (IL-6). Hal-hal tersebut berkaitan dengan tingkat infeksi paparan Covid-19 dalam tubuh.

Mengonsumsi kopi juga bermanfaat untuk memberikan perisai terhadap pneumonia. Penelitian menyebutkan bahwa kopi juga dapat menurunkan risiko pneumonia pada orang tua.

"Jika kopi diminum secara teratur, itu akan memiliki efek imunoprotektif melawan virus mematikan," kata penelitian itu.

Bukan hanya kopi, para peneliti juga menyebut bahwa mengonsumsi sayur-sayuran juga memainkan peran kunci dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Selain kopi dan sayuran, peneliti juga mempelajari hubungan antara minyak ikan, daging olahan, buah, daging merah dengan Covid-19.

Penelitian itu dilakukan dengan menganalisis catatan setidaknya 40.000 orang dewasa di Biobank Inggris. Penyelesaian analisis menunjukkan bahwa makan sayuran juga menurunkan risiko tertular virus mematikan.

Namun penelitian ini masih menunggu konfirmasi dari dinas terkait. Penggunaan pola makan yang sehat merupakan tameng tambahan terhadap virus Covid-19 selain mengikuti protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan memakai masker.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement